Wisma Baluran Situbondo, Pesona Alam yang Menawan di Ujung Timur Jawa

wisma baluran situbondo

Wisma Baluran Situbondo, Pesona Alam yang Menawan di Ujung Timur Jawa

Di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Situbondo, terdapat sebuah kawasan konservasi alam yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Namanya adalah Taman Nasional Baluran, yang juga dikenal sebagai “Little Africa van Java”. Di dalam kawasan taman nasional ini, terdapat sebuah penginapan yang bernama Wisma Baluran Situbondo.

Wisma Baluran Situbondo terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Penginapan ini berada di tengah-tengah kawasan hutan tropis yang lebat, dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Dari wisma ini, pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Baluran yang menjulang tinggi di kejauhan, serta hamparan padang rumput savana yang luas dan hijau. Suasana alam yang asri dan tenang membuat Wisma Baluran Situbondo menjadi tempat yang ideal untuk berlibur dan melepas penat.

Wisma Baluran Situbondo menawarkan berbagai macam fasilitas dan layanan untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Di antaranya adalah kamar-kamar yang bersih dan nyaman, restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan lezat, serta ruang pertemuan yang dapat digunakan untuk berbagai macam acara.

wisma baluran situbondo

Pesona alam di ujung timur Jawa.

  • Lokasi strategis di Taman Nasional Baluran
  • Pemandangan Gunung Baluran dan savana
  • Kamar bersih dan nyaman
  • Restoran dengan hidangan lezat
  • Ruang pertemuan untuk berbagai acara
  • Fasilitas lengkap dan pelayanan prima
  • Harga terjangkau
  • Tempat ideal untuk liburan dan melepas penat

Wisma Baluran Situbondo siap menyambut Anda dengan suasana alam yang asri dan tenang, serta berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap. Jadikan liburan Anda di Taman Nasional Baluran semakin berkesan dengan menginap di Wisma Baluran Situbondo.

Lokasi Strategis di Taman Nasional Baluran

Salah satu keunggulan Wisma Baluran Situbondo adalah lokasi yang sangat startegis, tepat di dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Hal ini membuat wisma ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam Taman Nasional Baluran.

  • Dekat dengan berbagai objek wisata
    Dari Wisma Baluran Situbondo, pengunjung dapat dengan mudah mengakses berbagai objek wisata menarik di Taman Nasional Baluran, seperti Pantai Bama, Pantai Pasir Putih, hutan mangrove, dan savana Bekol.
  • Akses mudah
    Wisma Baluran Situbondo terletak di jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Situbondo dengan Kabupaten Banyuwangi. Akses jalan menuju wisma ini sangat baik dan mudah dilalui kendaraan bermotor.
  • Pemandangan alam yang indah
    Dari Wisma Baluran Situbondo, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah, seperti Gunung Baluran yang menjulang tinggi, hamparan padang savana yang luas, dan hutan tropis yang lebat.
  • Udara yang sejuk dan segar
    Lokasi Wisma Baluran Situbondo yang berada di kawasan Taman Nasional Baluran membuat udara di sekitar wisma ini terasa sejuk dan segar. Hal ini tentu saja membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah selama menginap di wisma ini.

Dengan lokasi yang sangat startegis di dalam kawasan Taman Nasional Baluran, Wisma Baluran Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam Taman Nasional Baluran dan menikmati suasana alam yang asri dan tenang.

Pemandangan Gunung Baluran dan savana

Dari Wisma Baluran Situbondo, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Baluran yang menjulang tinggi di kejauhan. Gunung Baluran merupakan salah satu gunung berapi aktif di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.247 meter di atas permukaan laut. Gunung Baluran terkenal dengan pemandangannya yang indah, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Selain Gunung Baluran, dari Wisma Baluran Situbondo pengunjung juga dapat menikmati pemandangan savana yang luas. Savana Bekol merupakan salah satu savana terindah di Indonesia. Savana ini memiliki luas sekitar 500 hektar dan dihuni oleh berbagai macam satwa liar, seperti rusa, banteng, dan merak. Pengunjung dapat menjelajahi savana ini dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan bermotor.

Pemandangan Gunung Baluran dan savana yang indah dari Wisma Baluran Situbondo menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam ini sambil bersantai di wisma atau melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti hiking, camping, dan fotografi.

Bagi para pecinta alam, menginap di Wisma Baluran Situbondo adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam Taman Nasional Baluran yang luar biasa, termasuk pemandangan Gunung Baluran dan savana yang menakjubkan.

Kamar bersih dan nyaman

Wisma Baluran Situbondo menawarkan kamar-kamar yang bersih dan nyaman untuk menjamin kenyamanan para pengunjung. Kamar-kamar di wisma ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti AC, TV, dan kamar mandi pribadi dengan air panas dan dingin.

Kamar-kamar di Wisma Baluran Situbondo memiliki berbagai tipe, mulai dari kamar standard hingga kamar suite. Kamar standard dilengkapi dengan 1 tempat tidur double atau 2 tempat tidur single, sedangkan kamar suite dilengkapi dengan 1 tempat tidur double dan 1 tempat tidur single. Semua kamar memiliki balkon atau teras pribadi yang menghadap ke pemandangan alam yang indah.

Selain itu, Wisma Baluran Situbondo juga menyediakan kamar khusus untuk penyandang disabilitas. Kamar-kamar ini dilengkapi dengan fasilitas khusus, seperti jalur kursi roda, kamar mandi yang lebih luas, dan pegangan tangan di kamar mandi.

Dengan kamar-kamar yang bersih, nyaman, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, Wisma Baluran Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi para pengunjung yang mencari tempat menginap yang nyaman di Taman Nasional Baluran.

Restoran dengan hidangan lezat

Wisma Baluran Situbondo memiliki sebuah restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan lezat, mulai dari masakan Indonesia hingga masakan internasional. Restoran ini menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi untuk memastikan cita rasa masakan yang terbaik.

Menu yang ditawarkan di restoran Wisma Baluran Situbondo sangat beragam, sehingga pengunjung dapat memilih hidangan sesuai dengan selera masing-masing. Beberapa menu andalan restoran ini antara lain adalah nasi goreng, mie goreng, soto, rawon, dan berbagai macam olahan seafood. Selain itu, restoran ini juga menyediakan berbagai macam minuman, seperti jus, kopi, dan teh.

Suasana restoran Wisma Baluran Situbondo sangat nyaman dan santai. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Restoran ini juga menyediakan fasilitas WiFi gratis bagi para pengunjung yang ingin tetap terhubung dengan dunia maya.

Dengan restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan lezat dan suasana yang nyaman, Wisma Baluran Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi para pengunjung yang mencari tempat makan yang enak dan nyaman di Taman Nasional Baluran.

Ruang pertemuan untuk berbagai acara

Wisma Baluran Situbondo dilengkapi dengan ruang pertemuan yang dapat digunakan untuk berbagai macam acara, seperti rapat, seminar, lokakarya, dan pelatihan. Ruang pertemuan ini memiliki kapasitas hingga 100 orang dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti proyektor, layar proyeksi, dan sound system.

Ruang pertemuan di Wisma Baluran Situbondo sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan, organisasi, atau lembaga pemerintah yang ingin mengadakan acara di kawasan Taman Nasional Baluran. Dengan suasana yang tenang dan asri, ruang pertemuan ini dapat mendukung produktivitas dan kreativitas peserta acara.

Selain itu, Wisma Baluran Situbondo juga menyediakan layanan katering untuk acara-acara yang diadakan di ruang pertemuan. Pengunjung dapat memilih berbagai macam menu makanan dan minuman sesuai dengan kebutuhan dan selera peserta acara.

Dengan ruang pertemuan yang lengkap dan layanan katering yang prima, Wisma Baluran Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi para penyelenggara acara yang mencari tempat pertemuan yang nyaman dan asri di kawasan Taman Nasional Baluran.

Fasilitas lengkap dan pelayanan prima

Wisma Baluran Situbondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap dan pelayanan prima untuk menjamin kenyamanan dan kepuasan para pengunjung. Selain kamar-kamar yang bersih dan nyaman, restoran dengan hidangan lezat, dan ruang pertemuan untuk berbagai acara, wisma ini juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya, seperti:

  • Kolam renang
    Wisma Baluran Situbondo memiliki sebuah kolam renang outdoor yang cukup besar dan bersih. Kolam renang ini dapat digunakan oleh para pengunjung untuk menyegarkan diri setelah seharian menjelajahi Taman Nasional Baluran.
  • Pusat kebugaran
    Wisma Baluran Situbondo juga menyediakan pusat kebugaran yang dilengkapi dengan berbagai macam peralatan olahraga modern. Pusat kebugaran ini dapat digunakan oleh para pengunjung untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama menginap di wisma ini.
  • Spa
    Bagi para pengunjung yang ingin memanjakan diri, Wisma Baluran Situbondo menyediakan layanan spa dengan berbagai macam perawatan tubuh. Perawatan spa ini dapat membantu para pengunjung untuk menghilangkan stres dan kelelahan setelah seharian beraktivitas.

Selain itu, Wisma Baluran Situbondo juga didukung oleh pelayanan prima dari para staf yang ramah dan profesional. Para staf Wisma Baluran Situbondo siap membantu para pengunjung dengan sepenuh hati untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan dan berkesan.

Dengan fasilitas yang lengkap dan pelayanan yang prima, Wisma Baluran Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi para pengunjung yang mencari tempat menginap yang nyaman dan berkelas di Taman Nasional Baluran.

Harga terjangkau

Salah satu keunggulan Wisma Baluran Situbondo adalah harga yang sangat terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp300.000 per malam, pengunjung sudah bisa mendapatkan kamar yang bersih dan nyaman, lengkap dengan berbagai fasilitas modern.

  • Harga kamar yang kompetitif
    Harga kamar di Wisma Baluran Situbondo sangat kompetitif jika dibandingkan dengan hotel atau wisma lain di kawasan Taman Nasional Baluran. Dengan harga yang terjangkau, pengunjung bisa mendapatkan kamar yang bersih, nyaman, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern.
  • Paket menginap dengan harga spesial
    Wisma Baluran Situbondo juga menawarkan paket menginap dengan harga spesial untuk para pengunjung yang ingin menginap lebih lama. Paket menginap ini biasanya sudah termasuk dengan biaya makan dan berbagai aktivitas wisata di Taman Nasional Baluran.
  • Diskon untuk grup dan rombongan
    Wisma Baluran Situbondo juga memberikan diskon khusus untuk grup dan rombongan. Diskon ini bisa mencapai hingga 20% dari harga normal. Untuk mendapatkan diskon ini, pengunjung cukup menghubungi pihak wisma dan melakukan reservasi kamar terlebih dahulu.
  • Harga makanan dan minuman yang terjangkau
    Harga makanan dan minuman di restoran Wisma Baluran Situbondo juga sangat terjangkau. Pengunjung bisa mendapatkan berbagai macam hidangan lezat dengan harga yang ramah di kantong.

Dengan harga yang terjangkau dan berbagai fasilitas yang lengkap, Wisma Baluran Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi para pengunjung yang mencari tempat menginap yang nyaman dan berkelas dengan harga yang terjangkau di Taman Nasional Baluran.

Tempat ideal untuk liburan dan melepas penat

Dengan suasana alam yang asri dan tenang, serta berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap, Wisma Baluran Situbondo menjadi tempat yang ideal untuk liburan dan melepas penat. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam Taman Nasional Baluran yang luar biasa, seperti Gunung Baluran, savana Bekol, dan hutan mangrove, sambil bersantai di wisma atau melakukan berbagai aktivitas wisata.

Wisma Baluran Situbondo juga sangat cocok untuk dijadikan tempat menginap bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi berbagai objek wisata di kawasan Taman Nasional Baluran. Dari wisma ini, pengunjung dapat dengan mudah mengakses berbagai objek wisata menarik, seperti Pantai Bama, Pantai Pasir Putih, dan Air Terjun Jagir.

Selain itu, Wisma Baluran Situbondo juga menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan liburan dan rekreasi para pengunjung. Di wisma ini terdapat kolam renang, pusat kebugaran, spa, dan ruang pertemuan. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas wisata yang disediakan oleh pihak wisma, seperti hiking, camping, dan fotografi.

Dengan suasana alam yang asri dan tenang, berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap, serta berbagai aktivitas wisata yang menarik, Wisma Baluran Situbondo menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan yang mencari tempat liburan dan melepas penat yang ideal di kawasan Taman Nasional Baluran.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Situbondo:

Question 1: Apa saja objek wisata yang ada di Situbondo?
Answer 1: Situbondo memiliki berbagai macam objek wisata, seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Bama, Pantai Banongan, Air Terjun Jagir, dan Taman Nasional Baluran.

Question 2: Apa saja kuliner khas Situbondo?
Answer 2: Situbondo terkenal dengan kuliner khasnya, seperti nasi tempong, rujak soto, dan sate lalat.

Question 3: Apa saja oleh-oleh khas Situbondo?
Answer 3: Situbondo terkenal dengan oleh-oleh khasnya, seperti keripik paru, keripik singkong, dan batik Situbondo.

Question 4: Bagaimana cara menuju Situbondo?
Answer 4: Situbondo dapat ditempuh melalui jalur darat, laut, dan udara. Melalui jalur darat, Situbondo dapat ditempuh dari Surabaya atau Banyuwangi. Melalui jalur laut, Situbondo dapat ditempuh dari Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi. Melalui jalur udara, Situbondo dapat ditempuh dari Bandara Juanda di Surabaya.

Question 5: Di mana saja tempat penginapan yang bagus di Situbondo?
Answer 5: Situbondo memiliki berbagai macam tempat penginapan, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan murah. Beberapa tempat penginapan yang bagus di Situbondo antara lain adalah Hotel Sahid Rich Situbondo, Hotel Aston Situbondo, dan Wisma Baluran Situbondo.

Question 6: Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Situbondo?
Answer 6: Waktu terbaik untuk berkunjung ke Situbondo adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan April hingga Oktober. Pada musim ini, cuaca di Situbondo cerah dan tidak terlalu panas.

Question 7: Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Situbondo?
Answer 7: Di Situbondo, pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan, seperti berwisata bahari, hiking, camping, fotografi, dan kuliner.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Situbondo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Situbondo.

Selain informasi di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk Anda yang berkunjung ke Situbondo:

Tips

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk Anda yang berkunjung ke Situbondo:

1. Gunakan tabir surya dan lotion anti serangga.
Cuaca di Situbondo cukup panas dan lembab, sehingga penting untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Selain itu, gunakan juga lotion anti serangga untuk menghindari gigitan nyamuk dan serangga lainnya.

2. Bawalah pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.
Situbondo memiliki cuaca yang panas dan lembab, sehingga sebaiknya Anda membawa pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Hindari mengenakan pakaian ketat dan berbahan sintetis.

3. Siapkan uang tunai yang cukup.
Tidak semua tempat di Situbondo menerima pembayaran elektronik, sehingga sebaiknya Anda menyiapkan uang tunai yang cukup. Anda dapat menukarkan uang di bank atau money changer sebelum berangkat ke Situbondo.

4. Hormati adat dan budaya setempat.
Situbondo memiliki adat dan budaya yang unik. Sebagai wisatawan, sebaiknya Anda menghormati adat dan budaya setempat. Misalnya, jangan mengenakan pakaian yang terlalu terbuka atau berbicara dengan suara yang keras di tempat-tempat umum.

Demikian beberapa tips praktis untuk Anda yang berkunjung ke Situbondo. Semoga tips-tips ini bermanfaat dan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Demikian informasi tentang Situbondo yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Situbondo.

Conclusion

Situbondo adalah kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Kabupaten ini memiliki beragam potensi wisata, mulai dari wisata bahari, wisata alam, hingga wisata kuliner. Beberapa objek wisata yang terkenal di Situbondo antara lain adalah Pantai Pasir Putih, Pantai Bama, Pantai Banongan, Air Terjun Jagir, dan Taman Nasional Baluran.

Selain objek wisata, Situbondo juga terkenal dengan kuliner khasnya, seperti nasi tempong, rujak soto, dan sate lalat. Kabupaten ini juga memiliki berbagai macam oleh-oleh khas, seperti keripik paru, keripik singkong, dan batik Situbondo.

Situbondo dapat ditempuh melalui jalur darat, laut, dan udara. Melalui jalur darat, Situbondo dapat ditempuh dari Surabaya atau Banyuwangi. Melalui jalur laut, Situbondo dapat ditempuh dari Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi. Melalui jalur udara, Situbondo dapat ditempuh dari Bandara Juanda di Surabaya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Situbondo adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan April hingga Oktober. Pada musim ini, cuaca di Situbondo cerah dan tidak terlalu panas.

Demikian informasi tentang Situbondo yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Situbondo. Selamat berlibur!


Images References :