Wisata Surabaya Situbondo, Serunya Liburan di Dua Kota yang Penuh Pesona

travel surabaya situbondo

Wisata Surabaya Situbondo, Serunya Liburan di Dua Kota yang Penuh Pesona

Surabaya dan Situbondo, dua kota yang terletak di Jawa Timur ini memiliki pesona yang tak terbantahkan. Surabaya, kota metropolitan yang ramai dan dinamis, menawarkan berbagai atraksi wisata yang menarik, mulai dari bangunan bersejarah, museum, hingga pusat perbelanjaan. Sementara Situbondo, kota kecil yang tenang dan damai, menawarkan keindahan alam yang luar biasa, seperti pantai-pantai yang indah, air terjun, dan gunung-gunung yang menjulang tinggi.

Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Jawa Timur, jangan lewatkan untuk mengunjungi Surabaya dan Situbondo. Kedua kota ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan, yang akan membuat Anda ingin kembali lagi dan lagi.

Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai objek wisata menarik di Surabaya dan Situbondo. Jadi, siapkan diri Anda untuk menjelajahi dua kota yang penuh pesona ini!

travel surabaya situbondo

Jelajahi keindahan dua kota di Jawa Timur!

  • Monumen Kapal Selam Surabaya
  • Taman Safari Indonesia
  • Pantai Pasir Putih Situbondo
  • Air Terjun Kapas Biru
  • Gunung Argopuro
  • Ranu Klakah
  • Kampung Blekok
  • Pulau Merah
  • Taman Nasional Baluran
  • Gentongan

Surabaya dan Situbondo menawarkan pesona wisata yang tak terlupakan!

Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya merupakan salah satu objek wisata sejarah yang paling populer di Surabaya. Monumen ini terletak di Jalan Pemuda, tepat di sebelah Taman Hiburan Rakyat (THR) Surabaya.

Monumen Kapal Selam Surabaya merupakan kapal selam asli KRI Pasopati 410 yang telah dipensiunkan. Kapal selam ini memiliki panjang 76 meter dan lebar 6,3 meter. KRI Pasopati 410 pernah bertugas di Angkatan Laut Indonesia selama 32 tahun, sebelum akhirnya dijadikan monumen pada tahun 1998.

Pengunjung dapat memasuki bagian dalam kapal selam dan melihat berbagai peralatan yang digunakan oleh awak kapal selam. Di dalam kapal selam, terdapat ruang komando, ruang mesin, ruang torpedo, dan ruang tidur awak kapal. Pengunjung juga dapat melihat koleksi senjata dan peralatan tempur yang digunakan oleh KRI Pasopati 410.

Monumen Kapal Selam Surabaya buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Monumen Kapal Selam Surabaya merupakan tempat yang tepat untuk belajar tentang sejarah Angkatan Laut Indonesia dan mengenal lebih dekat kehidupan awak kapal selam. Jangan lewatkan untuk mengunjungi monumen ini saat Anda liburan ke Surabaya!

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia merupakan salah satu objek wisata keluarga yang paling populer di Jawa Timur. Tempat wisata ini terletak di Desa J Nanosmbean, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Surabaya.

Taman Safari Indonesia merupakan kebun binatang modern yang memiliki koleksi lebih dari 2.000 satwa dari berbagai belahan dunia. Satwa-satwa tersebut dipelihara dalam habitat yang menyerupai habitat asli mereka. Pengunjung dapat melihat satwa-satwa tersebut dari dalam kendaraan pribadi atau dari kereta safari yang disediakan oleh pengelola.

Selain melihat satwa-satwa, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana permainan yang tersedia di Taman Safari Indonesia. Wahana permainan tersebut antara lain roller coaster, kereta api mini, dan kapal katamaran. Pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan satwa yang edukatif dan menghibur.

Taman Safari Indonesia buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuknya bervariasi, tergantung pada jenis tiket yang dipilih. Tiket terusan yang meliputi tiket masuk dan tiket naik kereta safari dikenakan harga Rp 175.000 untuk dewasa dan Rp 125.000 untuk anak-anak.

Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Timur. Pantai ini terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Situbondo.

  • Keindahan Pasir Putih

    Pantai Pasir Putih Situbondo terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan bersih. Pasir putih ini membentang sepanjang 11 kilometer dengan lebar sekitar 100 meter. Pasir putih ini sangat cocok untuk bermain pasir atau berjemur.

  • Air Laut yang Jernih

    Air laut di Pantai Pasir Putih Situbondo sangat jernih dan biru. Keindahan air laut ini membuat Pantai Pasir Putih Situbondo menjadi tempat yang ideal untuk berenang, snorkeling, atau menyelam.

  • Panorama yang Menakjubkan

    Pantai Pasir Putih Situbondo memiliki panorama yang sangat menakjubkan. Di pantai ini, pengunjung dapat melihat pemandangan laut lepas, pulau-pulau kecil, dan jajaran perbukitan hijau. Panorama ini membuat Pantai Pasir Putih Situbondo menjadi tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

  • Fasilitas yang Lengkap

    Pantai Pasir Putih Situbondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap, seperti warung makan, toilet, dan tempat parkir. Pengunjung juga dapat menyewa payung pantai atau kursi pantai untuk bersantai di tepi pantai.

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, serta berbagai fasilitas yang lengkap. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Pasir Putih Situbondo saat Anda liburan ke Situbondo!

Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru merupakan salah satu air terjun terindah di Jawa Timur. Air terjun ini terletak di Desa Curah Tatal, Kecamatan Kapas, Kabupaten Situbondo. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Situbondo.

  • Keindahan Air Terjun

    Air Terjun Kapas Biru memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan lebar sekitar 10 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Keindahan Air Terjun Kapas Biru membuat air terjun ini menjadi tempat yang ideal untuk berfoto.

  • Air yang Jernih

    Air di Air Terjun Kapas Biru sangat jernih dan menyegarkan. Air terjun ini bersumber dari mata air pegunungan yang masih alami. Kejernihan air terjun ini membuat pengunjung dapat melihat dasar air terjun dengan jelas.

  • Kolam Renang Alami

    Di bawah Air Terjun Kapas Biru terdapat kolam renang alami yang terbentuk dari aliran air terjun. Kolam renang alami ini memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Pengunjung dapat berenang atau bermain air di kolam renang alami ini.

  • Lokasi yang Mudah Diakses

    Air Terjun Kapas Biru terletak di lokasi yang mudah diakses. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk mencapai air terjun ini. Dari tempat parkir, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke Air Terjun Kapas Biru.

Air Terjun Kapas Biru merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, serta berbagai fasilitas yang lengkap. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Air Terjun Kapas Biru saat Anda liburan ke Situbondo!

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Situbondo. Gunung Argopuro memiliki ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut.

Gunung Argopuro merupakan gunung yang sangat indah. Gunung ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, seperti hutan pinus, padang rumput, dan puncak gunung yang menjulang tinggi. Gunung Argopuro juga merupakan habitat bagi berbagai satwa liar, seperti rusa, babi hutan, dan burung elang.

Gunung Argopuro merupakan tempat yang tepat untuk melakukan pendakian gunung. Pendakian gunung di Gunung Argopuro dapat dilakukan melalui beberapa jalur, seperti jalur via Bremi, jalur via Baderan, dan jalur via Cikasur. Jalur pendakian gunung di Gunung Argopuro memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jalur via Bremi merupakan jalur pendakian yang paling mudah, sementara jalur via Cikasur merupakan jalur pendakian yang paling sulit.

Bagi pendaki gunung pemula, disarankan untuk memilih jalur pendakian gunung via Bremi. Jalur pendakian gunung ini memiliki jarak tempuh sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 6-8 jam. Jalur pendakian gunung via Bremi juga dilengkapi dengan beberapa pos pendakian, sehingga pendaki gunung dapat beristirahat dan mengisi perbekalan.

Gunung Argopuro merupakan gunung yang sangat indah dan menantang. Gunung ini cocok untuk didaki oleh pendaki gunung pemula maupun pendaki gunung berpengalaman. Jangan lewatkan untuk mendaki Gunung Argopuro saat Anda liburan ke Jawa Timur!

Ranu Klakah

Ranu Klakah merupakan sebuah danau kawah yang terletak di Gunung Argopuro, Jawa Timur. Danau ini terletak di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Ranu Klakah merupakan salah satu danau kawah terindah di Indonesia.

Ranu Klakah memiliki air yang sangat jernih dan berwarna hijau toska. Keindahan air danau ini membuat Ranu Klakah menjadi tempat yang ideal untuk berfoto. Di sekitar danau, terdapat pemandangan alam yang sangat indah, seperti hutan pinus, padang rumput, dan puncak gunung yang menjulang tinggi.

Ranu Klakah merupakan tempat yang tepat untuk melakukan camping dan hiking. Di sekitar danau, terdapat beberapa lokasi camping yang dapat digunakan oleh pengunjung. Pengunjung juga dapat melakukan hiking di sekitar danau dan menikmati keindahan alam Ranu Klakah.

Untuk mencapai Ranu Klakah, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Surabaya, pengunjung dapat menggunakan bus atau kereta api untuk mencapai Probolinggo. Dari Probolinggo, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum menuju Desa Bremi. Dari Desa Bremi, pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 3 kilometer untuk mencapai Ranu Klakah.

Ranu Klakah merupakan tempat yang sangat indah dan mempesona. Danau kawah ini menjadi salah satu objek wisata alam yang wajib dikunjungi di Jawa Timur. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Ranu Klakah saat Anda liburan ke Jawa Timur!

Kampung Blekok

Kampung Blekok merupakan sebuah desa wisata yang terletak di Desa Curah Tatal, Kecamatan Kapas, Kabupaten Situbondo. Desa wisata ini terkenal dengan keberadaan ribuan burung blekok yang hidup di hutan mangrove di sekitar desa.

Burung blekok merupakan burung migran yang datang ke Kampung Blekok pada bulan Oktober hingga April setiap tahunnya. Burung-burung ini datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Burung blekok memilih Kampung Blekok sebagai tempat tinggal karena desa ini memiliki hutan mangrove yang lebat dan rindang.

Pengunjung Kampung Blekok dapat melihat burung-burung blekok dari dekat. Pengunjung juga dapat menyaksikan burung-burung blekok beterbangan di atas hutan mangrove. Pemandangan burung-burung blekok yang beterbangan di atas hutan mangrove sangat menakjubkan dan membuat pengunjung merasa kagum.

Selain burung blekok, Kampung Blekok juga memiliki berbagai objek wisata alam lainnya, seperti pantai, sungai, dan air terjun. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam Kampung Blekok dengan cara berjalan kaki, bersepeda, atau naik perahu. Kampung Blekok juga memiliki beberapa warung makan yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Situbondo.

Kampung Blekok merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Desa wisata ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, serta berbagai fasilitas yang lengkap. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Kampung Blekok saat Anda liburan ke Situbondo!

Pulau Merah

Pulau Merah merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pulau ini terkenal dengan pasir merahnya yang unik. Pasir merah di Pulau Merah berasal dari bebatuan karang yang terkikis oleh ombak laut.

Pulau Merah memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Pulau ini memiliki pantai yang landai dengan pasir merah yang lembut. Air laut di Pulau Merah sangat jernih dan berwarna biru kehijauan. Di sekitar pulau, terdapat beberapa bukit kecil yang ditumbuhi pepohonan hijau. Pemandangan alam Pulau Merah sangat indah dan membuat pengunjung merasa takjub.

Pulau Merah merupakan tempat yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti berjemur, berenang, snorkeling, dan diving. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan matahari terbit dan matahari terbenam di Pulau Merah. Pulau Merah juga memiliki beberapa warung makan yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Banyuwangi.

Untuk mencapai Pulau Merah, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Surabaya, pengunjung dapat menggunakan bus atau kereta api untuk mencapai Banyuwangi. Dari Banyuwangi, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum menuju Desa Sumberagung. Dari Desa Sumberagung, pengunjung dapat menyeberang ke Pulau Merah menggunakan perahu.

Pulau Merah merupakan tempat yang sangat indah dan mempesona. Pulau ini cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan dari segala usia. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Pulau Merah saat Anda liburan ke Banyuwangi!

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 25.000 hektare. Taman Nasional Baluran terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona.

Taman Nasional Baluran memiliki berbagai macam ekosistem, seperti hutan hujan tropis, hutan mangrove, sabana, dan pantai. Taman nasional ini juga merupakan habitat bagi berbagai macam satwa liar, seperti banteng, rusa, kijang, merak, dan elang. Pengunjung Taman Nasional Baluran dapat melihat satwa-satwa liar tersebut di habitat alaminya.

Taman Nasional Baluran merupakan tempat yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti hiking, camping, safari, dan birdwatching. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan matahari terbit dan matahari terbenam di Taman Nasional Baluran. Taman nasional ini juga memiliki beberapa warung makan yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Situbondo dan Banyuwangi.

Untuk mencapai Taman Nasional Baluran, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Surabaya, pengunjung dapat menggunakan bus atau kereta api untuk mencapai Situbondo atau Banyuwangi. Dari Situbondo atau Banyuwangi, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum menuju Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran merupakan tempat yang sangat indah dan mempesona. Taman nasional ini cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan dari segala usia. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran saat Anda liburan ke Situbondo atau Banyuwangi!

Gentongan

Gentongan merupakan sebuah kawasan wisata religi yang terletak di Desa Gentongan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kawasan wisata religi ini terkenal dengan keberadaan makam waliyullah Syekh Abdul Qodir Jaelani.

  • Makam Syekh Abdul Qodir Jaelani

    Makam Syekh Abdul Qodir Jaelani merupakan objek wisata utama di Gentongan. Makam waliyullah ini terletak di dalam sebuah masjid yang bernama Masjid Agung Gentongan. Masjid Agung Gentongan merupakan salah satu masjid tertua di Jawa Timur. Masjid ini dibangun pada tahun 1488 Masehi oleh Sunan Ampel.

  • Masjid Agung Gentongan

    Masjid Agung Gentongan merupakan salah satu masjid tertua di Jawa Timur. Masjid ini dibangun pada tahun 1488 Masehi oleh Sunan Ampel. Masjid Agung Gentongan memiliki arsitektur yang unik dan sangat indah. Masjid ini menjadi salah satu tempat wisata religi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

  • Pasar Gentongan

    Pasar Gentongan merupakan pasar tradisional yang terletak di dekat Masjid Agung Gentongan. Pasar ini menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, pakaian, dan oleh-oleh. Pasar Gentongan merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja oleh-oleh khas Malang.

  • Kampung Wisata Gentongan

    Kampung Wisata Gentongan merupakan sebuah kampung wisata yang terletak di sekitar Masjid Agung Gentongan. Kampung wisata ini menawarkan berbagai macam atraksi wisata, seperti rumah adat, museum, dan pertunjukan kesenian tradisional. Kampung Wisata Gentongan merupakan tempat yang tepat untuk belajar tentang budaya dan sejarah Malang.

Gentongan merupakan kawasan wisata religi yang sangat menarik. Kawasan wisata ini menawarkan berbagai macam atraksi wisata yang menarik, seperti makam waliyullah, masjid kuno, pasar tradisional, dan kampung wisata. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Gentongan saat Anda liburan ke Malang!

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh wisatawan tentang Situbondo:

Question 1: Apa saja objek wisata yang menarik di Situbondo?
Answer 1: Situbondo memiliki banyak objek wisata yang menarik, seperti Pantai Pasir Putih, Air Terjun Kapas Biru, Gunung Argopuro, Ranu Klakah, Kampung Blekok, dan Pulau Merah.

Question 2: Bagaimana cara menuju ke Situbondo?
Answer 2: Situbondo dapat dicapai melalui jalur darat, laut, dan udara. Jalur darat dapat ditempuh dengan menggunakan bus atau kereta api. Jalur laut dapat ditempuh dengan menggunakan kapal feri dari Surabaya. Jalur udara dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Surabaya.

Question 3: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Situbondo?
Answer 3: Waktu terbaik untuk mengunjungi Situbondo adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan April hingga Oktober.

Question 4: Apa saja kuliner khas Situbondo yang wajib dicoba?
Answer 4: Kuliner khas Situbondo yang wajib dicoba antara lain nasi tempong, rujak soto, dan sate lalat.

Question 5: Apa saja oleh-oleh khas Situbondo yang bisa dibawa pulang?
Answer 5: Oleh-oleh khas Situbondo yang bisa dibawa pulang antara lain keripik singkong, kripik tempe, dan peyek kacang.

Question 6: Apakah ada penginapan yang bagus di Situbondo?
Answer 6: Di Situbondo terdapat beberapa penginapan yang bagus, seperti Hotel Pasir Putih, Hotel Kapas Biru, dan Hotel Argopuro.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh wisatawan tentang Situbondo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Situbondo.

Selain FAQ di atas, berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk Anda yang berencana liburan ke Situbondo:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips praktis untuk Anda yang berencana liburan ke Situbondo:

1. Gunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan.
Situbondo memiliki banyak objek wisata yang tersebar di berbagai lokasi. Untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan.

2. Siapkan uang tunai yang cukup.
Di Situbondo, tidak semua tempat menerima pembayaran non-tunai. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyiapkan uang tunai yang cukup untuk membayar biaya transportasi, makan, dan tiket masuk objek wisata.

3. Jangan lupa membawa perlengkapan renang.
Situbondo memiliki banyak pantai dan air terjun yang indah. Jangan lupa membawa perlengkapan renang agar Anda bisa menikmati keindahan alam Situbondo secara maksimal.

4. Cobalah kuliner khas Situbondo.
Situbondo memiliki beberapa kuliner khas yang wajib dicoba, seperti nasi tempong, rujak soto, dan sate lalat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Situbondo selama liburan Anda.

Demikianlah beberapa tips praktis untuk Anda yang berencana liburan ke Situbondo. Semoga tips ini bermanfaat dan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Situbondo merupakan daerah yang sangat indah dan memiliki banyak potensi wisata. Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan perjalanan liburan Anda ke Situbondo akan semakin menyenangkan dan berkesan.

Conclusion

Situbondo merupakan daerah yang sangat indah dan memiliki banyak potensi wisata. Situbondo memiliki berbagai macam objek wisata, mulai dari pantai, air terjun, gunung, hingga kampung wisata. Situbondo juga memiliki kuliner khas yang wajib dicoba, seperti nasi tempong, rujak soto, dan sate lalat.

Bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Situbondo, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, gunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan karena Situbondo memiliki banyak objek wisata yang tersebar di berbagai lokasi. Kedua, siapkan uang tunai yang cukup karena tidak semua tempat di Situbondo menerima pembayaran non-tunai. Ketiga, jangan lupa membawa perlengkapan renang karena Situbondo memiliki banyak pantai dan air terjun yang indah. Keempat, cobalah kuliner khas Situbondo yang wajib dicoba, seperti nasi tempong, rujak soto, dan sate lalat.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan perjalanan liburan Anda ke Situbondo akan semakin menyenangkan dan berkesan. Selamat liburan!


Images References :