7 Objek Wisata Imperdible di Malang dan Situbondo

Perjalanan dari Malang ke Situbondo


perjalanan malang-situbondo

Jika Anda berada di Malang dan ingin mengeksplor Situbondo, ada beberapa rute transportasi yang tersedia. Salah satu cara terbaik untuk menuju ke Situbondo adalah melalui Kereta Api atau Bus.

Anda dapat memilih Kereta Api Ekonomi dan naik di Stasiun Malang Kota Baru untuk perjalanan selama 4-5 jam ke Stasiun Situbondo. Selain itu, terdapat juga bus yang dapat membawa Anda ke Situbondo, yakni bus Safari Dharma Raya, Eka, dan Sempati Star.

Pemandangan Selama Perjalanan

Sejauh perjalanan dari Malang ke Situbondo, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang spektakuler dan eksotis. Anda akan melewati beberapa pegunungan tropis, hutan yang mempesona, persawahan yang subur, sungai yang jernih dan pemukiman penduduk yang khas.

Selama perjalanan kereta api, Anda bisa menikmati pemandangan lembah dan lereng pegunungan, hamparan sawah hijau, dan perkebunan kopi yang indah. Anda juga akan menikmati pemandangan rerumputan dan hutan yang mengelilingi lereng gunung semeru.

Sedangkan, jika Anda memilih transportasi bus, pemandangan yang menakjubkan juga akan menyapa perjalanan Anda. Sepanjang jalan, Anda akan melewati desa-desa kecil yang dipenuhi tanaman kopi dan cengkeh, serta sawah hijau yang terbentang luas hingga kepepetan pantai.

Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan waktu Anda dengan panorama hijau yang menakjubkan dalam perjalanan dari Malang ke Situbondo!

Tempat Wisata di Situbondo


Pantai Indah

Situbondo adalah kota kecil yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi adalah Pantai Indah. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus dan ombaknya yang cukup besar, sehingga cocok untuk surfing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sunrise yang sangat indah di pantai ini.

Air Terjun Madakaripura

Destinasi wisata selanjutnya di Situbondo adalah Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dan menjadi tempat ziarah bagi umat Hindu. Selain itu, air terjun ini juga sangat indah dan menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis untuk dinikmati.

Desa Wisata Gegunung

Desa Wisata Gegunung juga merupakan tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Situbondo. Desa ini adalah desa wisata yang dihuni oleh suku Osing. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam pedesaan dan juga belajar tentang kebudayaan Osing.

Pusat Kuliner Situbondo

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi sebuah daerah tanpa mencoba kuliner khasnya. Berikut adalah rekomendasi makanan khas dari Situbondo yang harus dicoba oleh wisatawan saat berkunjung ke sana:

1. Rawon

Rawon

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang juga dapat ditemukan di Situbondo. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam kuah hitam yang khas, disajikan dengan nasi, tauge dan emping.

2. Soto Situbondo

Soto Situbondo

Soto Situbondo adalah soto yang sangat terkenal di daerah Situbondo. Soto ini berbeda dengan soto pada umumnya karena kuahnya yang kental dan daging sapi yang empuk.

3. Sate Kuda

Sate Kuda

Sate Kuda adalah makanan khas Situbondo yang sangat terkenal. Sate ini terbuat dari daging kuda yang dipanggang dan disajikan dengan bumbu kacang yang sangat lezat.

4. Nasi Pecel

Nasi Pecel

Nasi Pecel adalah makanan khas Jawa Timur yang juga sangat populer di Situbondo. Makanan ini terbuat dari nasi yang disiram dengan bumbu pecel yang khas dan disajikan dengan sayuran hijau dan telur rebus.

5. Soto Babat

Soto Babat

Soto Babat adalah makanan khas Situbondo yang terbuat dari jeroan sapi dan disajikan dengan kuah yang kental dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan dengan perkedel kentang dan emping sebagai pelengkap.

Pusat Kuliner Situbondo

Situbondo memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas daerah yang sangat lezat dan unik. Dengan mengunjungi Situbondo, wisatawan pasti akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

Sejarah Situs Candi Kedaton


Candi Kedaton Situbondo

Candi Kedaton yang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo merupakan peninggalan sejarah yang memiliki keunikan tersendiri. Dahulu kala, Candi Kedaton digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan umat Hindu. Di sekitar candi juga terdapat makam para pemuka agama yang konon menjadi tempat ziarah hingga saat ini.

Kini, bangunan candi sudah tidak utuh lagi. Namun, tetap bisa melihat sisa-sisa atap candi, batu bata, dan juga arca-arca yang terdapat di sekitar tempat ini. Candi Kedaton menjadi salah satu objek wisata sejarah di Situbondo yang wajib untuk dikunjungi saat liburan. Para pengunjung dapat menikmati nuansa sejarah yang masih tersisa dan betapa megahnya bangunan candi pada masa kejayaannya.

Legenda Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu keajaiban alam yang terletak di wilayah Tengger, sebelah timur Kota Probolinggo. Tak hanya terkenal di Jawa Timur, Gunung Bromo juga terkenal hingga mancanegara. Dalam cerita rakyat, konon suatu ketika dahulu kala terjadi pertempuran antara para dewa dengan raksasa. Dewa-dewa tersebut ingin membangun sebuah kuil di Tengger ini, namun para raksasa selalu merusak pekerjaan mereka.

Marakela, putri dewa rujak memutuskan untuk mencari kebenaran agar dewa-dewa bisa segera menyelesaikan kuil tersebut. Setelah mencari kesana kemari, akhirnya Marakela mendapat petunjuk dari seorang dukun. Petunjuk tersebut adalah melepaskan sebungkus tanah ke dalam kawah gunung yang sedang mencuat merapi. Ketika tanah tersebut dilepaskan, kawah gunung tersebut langsung tenang, dan pekerjaan pembangunan kuil pun berlangsung lancar. Sejak itu, masyarakat Tengger mempraktikkan tradisi membuang sesajen ke dalam kawah Bromo.

Legenda lain yang terkait dengan Gunung Bromo juga mengisahkan tentang Roro Anteng dan Joko Seger. Konon pada zaman dahulu, Joko Seger adalah seorang pemuda yang tampan dan berjaya di kerajaan Tengger, sementara Roro Anteng adalah putri raja dari kerajaan tersebut. Keduanya lalu menikah dan dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai pencipta terbentuknya Gunung Bromo. Hingga saat ini, tradisi adat Jawa yang telah berlangsung berabad-abad terus dilestarikan oleh masyarakat Tengger.

Akomodasi di Situbondo


Akomodasi di Situbondo

Situbondo merupakan kota yang terletak di bagian timur Jawa yang merupakan jalur utama menuju kota-kota di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, maupun Banyuwangi. Tak heran jika kota ini menjadi tujuan wisata bagi para pelancong yang ingin menjelajahi wisata-wisata di sekitar Jawa Timur. Sesuai dengan perkembangan wisata di kota ini, berbagai akomodasi mulai bermunculan di Situbondo. Mulai dari hotel bintang 5 hingga penginapan dengan harga terjangkau. Berikut adalah beberapa pilihan akomodasi yang tersedia di Situbondo yang dapat menjadi pilihan anda saat traveling:

1. Hotel Santika Situbondo

Hotel Santika Situbondo

Hotel ini memiliki fasilitas lengkap seperti kolam renang, taman bermain anak, meeting room, restoran, bar, dan masih banyak lagi. Adanya fasilitas tersebut menjadikan hotel ini cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan kenyamanan saat menginap di Situbondo.

2. Hotel Lestari Situbondo

Hotel Lestari Situbondo

Hotel ini merupakan salah satu hotel tertua yang ada di Situbondo. Meski sudah berdiri sejak lama, hotel ini masih menjadi pilihan bagi para wisatawan yang mencari akomodasi dengan harga terjangkau namun tetap nyaman dan aman.

3. Pondok Wisata Pantai Watu Ulo

Pondok Wisata Pantai Watu Ulo

Jika anda mencari penginapan yang dekat dengan pantai yang eksotis, Pondok Wisata Pantai Watu Ulo bisa menjadi pilihan anda. Pondok wisata ini memiliki beberapa bangunan yang terpisah di mana wisatawan bisa memilih untuk menginap di homestay, bungalow atau kamar tidur yang lebih besar. Kelebihan lain dari penginapan ini adalah lokasinya yang hanya beberapa meter dari Pantai Watu Ulo yang terkenal dengan keindahan batu karang dan ombaknya yang cocok untuk surfing.

4. Guesthouse Coklat Situbondo

Guesthouse Coklat Situbondo

Guesthouse ini merupakan pilihan yang paling cocok bagi para budget traveler yang mencari akomodasi dengan harga terjangkau, namun tetap nyaman. Guesthouse Coklat memiliki 4 kamar dengan kapasitas yang berbeda-beda dengan harga yang sangat terjangkau. Ditambah dengan suasana guesthouse yang cozy dan akses yang mudah ke berbagai tempat wisata di Situbondo, membuat penginapan ini sangat diminati oleh para backpacker.

Pesan Tiket Pesawat Online

Jika anda berencana untuk berkunjung ke Situbondo dan ingin memesan tiket pesawat secara online, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda menghemat biaya perjalanan:

1. Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Dengan memesan tiket jauh-jauh hari, anda bisa mendapatkan harga tiket yang lebih terjangkau dari biasanya.

2. Bandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs travel online. Ada baiknya anda melakukan pengecekan pada beberapa situs travel online untuk mencari tiket pesawat dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Gunakan fitur promo atau kode diskon jika situs travel online tersebut memberikan. Dengan memanfaatkan promo atau kode diskon, anda bisa lebih hemat dalam memesan tiket pesawat secara online.

4. Cek tanggal keberangkatan yang diincar, hindari momen liburan nasional atau event besar yang biasanya membuat harga tiket pesawat memiliki kenaikan yang signifikan. Selain itu, cek jadwal penerbangan dari kota keberangkatan yang berbeda, karena biasanya harga tiket pesawat di kota penerbangan asal lebih murah dibanding di kota yang diincar.

Transportasi di Situbondo


Transportasi di Situbondo

Saat berkunjung ke Situbondo, wisatawan dapat memilih beberapa jenis angkutan umum untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di sana. Salah satunya adalah angkutan umum seperti bus, perahu, dan becak motor. Namun, untuk kemudahan dan kenyamanan, wisatawan dapat menyewa kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Kesenian Tradisional Situbondo

Situbondo merupakan sebuah kota kecil di bagian timur Provinsi Jawa Timur. Selain memiliki keindahan alam yang menawan, Situbondo juga memiliki budaya dan kesenian yang unik. Ada beberapa kesenian tradisional yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Situbondo. Berikut adalah beberapa kesenian tradisional Situbondo yang wajib dicoba.

1. Tari Gong

Tari Gong merupakan tarian tradisional Situbondo yang sudah ada sejak zaman kerajaan Situbondo. Tarian ini biasanya dilakukan oleh para penari wanita dengan gerakan yang lemah gemulai. Penari biasanya memakai baju kurung dengan kain batik sebagai bawahannya. Tari Gong biasanya ditampilkan dalam acara pernikahan atau acara adat lainnya.

2. Tari Topeng KangKung

Tari Topeng KangKung merupakan tarian yang berasal dari daerah Situbondo. Tarian ini biasanya ditarikan saat acara adat atau acara perayaan. Selain menari, para penari juga memakai topeng yang melambangkan karakter tertentu, seperti Raja atau Dewi. Tarian ini juga bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi untuk wisatawan yang berkunjung ke Situbondo.

3. Wayang Kulit

Wayang Kulit adalah kesenian tradisional Indonesia yang sudah sangat terkenal. Di Situbondo, wayang kulit masih menjadi kesenian tradisional yang masih dikembangkan dan dilestarikan. Wayang Kulit di Situbondo biasanya ditampilkan dalam acara perayaan atau pernikahan adat. Wayang Kulit Situbondo memiliki ciri khas tersendiri dan sangat berbeda dengan Wayang Kulit di daerah lainnya.

4. Lenong Suro

Lenong Suro adalah kesenian tradisional Situbondo yang tergolong jarang ditemukan di daerah lainnya. Lenong Suro adalah seni lawakan atau drama komedi yang dibawakan oleh orang-orang Situbondo. Cerita dalam Lenong Suro biasanya mengambil tema kehidupan sehari-hari masyarakat Situbondo. Para aktor biasanya mengenakan kostum dan make up yang khas.

5. Prosesi Adat Melaspas

Prosesi Adat Melaspas adalah salah satu acara adat yang sangat penting di Situbondo. Acara ini biasanya dilaksanakan saat ada pembangunan gedung atau rumah baru. Prosesi Melaspas dilakukan sebagai bentuk persembahan kepada dewata agar gedung atau rumah tersebut mendapat berkat. Acara Melaspas biasanya dilakukan oleh pawang dan para tokoh adat Situbondo.

Kuliner Malang Khas yang Harus Dicoba


Makanan khas Malang

Malang terkenal dengan kuliner khasnya yang unik dan lezat. Beberapa makanan khas Malang yang harus anda coba saat berkunjung ke sana adalah:

  • Bakso Bakar Pak Man
  • Rujak Cingur Surabaya Asli Malang
  • Sate kambing Muda Mbah Margo
  • Cwie Mie Malang
  • Iga Bakar Si Jangkung
  • Keripik Jamur Tiram Krisna

Semua makanan tersebut pastinya tidak akan mengecewakan selera anda dan dapat menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Tempat Wisata di Malang


Tempat wisata Malang

Malang memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan cocok dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke sana. Beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Malang adalah:

1. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo merupakan tempat wisata terbesar di Indonesia yang memiliki koleksi berbagai macam binatang langka. Di sini anda dapat menikmati keindahan binatang dengan berbagai atraksi yang menarik.

2. Coban Rondo Waterfall

Coban Rondo Waterfall adalah air terjun yang berada di tengah hutan pinus dan memiliki pesona yang indah. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam dengan menikmati pemandangan indah yang disediakan.

3. Jatim Park 1

Jatim Park 1 merupakan taman bermain keluarga yang memiliki berbagai macam wahana permainan, miniatur dunia, dan planetarium. Di sini anda dapat bersama keluarga menikmati waktu yang menyenangkan.

4. Jatim Park 2

Jatim Park 2 merupakan tempat wisata bertemakan lingkungan dan sains yang menampilkan berbagai atraksi yang menarik dan edukatif. Dengan berbagai macam wahana, pengunjung dapat merasakan sensasi yang unik dan menyenangkan.

5. Museum Angkut

Museum Angkut adalah tempat wisata yang menampilkan koleksi mobil kuno, sepeda motor, dan transportasi lainnya yang sangat menarik. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis mobil dari masa lalu hingga saat ini.

6. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Dari sini, Anda dapat melihat indahnya Kota Malang dari ketinggian. Pemandangan gunung dan ladang sayuran pun menjadi nilai tambah yang sangat memukau.

Dengan menyajikan keindahan alam, kesenangan, dan pengalaman kuliner khas Malang yang unik, Malang menjadi tempat yang cocok untuk pencinta wisata yang ingin menambah pengalaman perjalanan mereka. Jika anda berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mencoba dan mengeksplorasi destinasi wisata dan kuliner khas yang ditawarkan!

Tips Aman Perjalanan Liburan


Tips Aman Perjalanan Liburan

Liburan ke wilayah Situbondo dan Malang memang menawarkan keindahan alam yang memukau. Namun, perlu diingat bahwa menjaga keamanan selama perjalanan liburan sangatlah penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa tips aman perjalanan liburan yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan membawa perlengkapan medis dan obat-obatan yang diperlukan serta mengetahui emergency number di wilayah tersebut.
  2. Gunakan jasa transportasi resmi seperti taksi atau bus dalam perjalanan di wilayah yang tidak dikenal.
  3. Jangan membawa terlalu banyak uang tunai dan perhiasan yang berlebihan agar tidak menarik perhatian pencuri.
  4. Simpan paspor dan dokumen penting lainnya di tempat yang aman.
  5. Hindari area yang sepi dan berbahaya pada malam hari.
  6. Berhenti di tempat kost-kostan dan tempat makan-kaki lima apabila kesiangan.
  7. Jangan membuka paket atau barang yang tidak dikenal sebelum dikonfirmasi terlebih dahulu.

Pakaian yang Cocok Untuk Liburan

Mengenakan pakaian yang tepat saat berlibur di wilayah Situbondo dan Malang menjadi penting, selain agar nyaman, juga untuk menjaga kesehatan kulit dan tetap terlihat modis. Berikut ini beberapa rekomendasi pakaian saat berlibur ke Situbondo dan Malang:

– Pakailah baju berbahan katun atau linen agar lebih mudah menyerap keringat. Pilih baju dengan warna cerah untuk membuat badan terasa lebih sejuk.

– Kenakan sepatu atau sandal dengan sol yang nyaman dan aman sehingga bisa digunakan untuk jalan-jalan maupun mendaki gunung.

– Bawa jaket tipis atau syal jika berkunjung ke tempat-tempat yang berada di ketinggian. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah kesehatan akibat dingin.

– Kenakan pakaian yang sopan saat berkunjung ke tempat-tempat wisata religi atau budaya. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu pendek atau berdecak kagak yang dapat menyinggung perasaan orang-orang sekitar.