Terkenal dengan Menu Ikan Bakarnya, Nikmati Kuliner Lezat di Rumah Makan Pasir Putih Situbondo

Sejarah Rumah Makan Pasir Putih Situbondo


Rumah Makan Pasir Putih Situbondo

Rumah makan Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu ikon kuliner yang terkenal di kota Situbondo, Jawa Timur. Terletak di jalan raya Situbondo-Banyuwangi, rumah makan ini menjadi favorit wisatawan dan warga lokal yang ingin menikmati kuliner khas di daerah tersebut.

Awal mula berdirinya rumah makan Pasir Putih Situbondo bermula di tahun 1950-an. Saat itu, seorang pedagang makanan bernama Suratno menyadari potensi bisnis kuliner yang dapat dijalankan di kota Situbondo. Ia pun memutuskan untuk membuka rumah makan yang berlokasi di depan Pantai Pasir Putih, tempat yang populer dikunjungi oleh wisatawan pada waktu itu.

Meskipun saat itu masih menggunakan perlengkapan sederhana dan modal yang terbatas, pedagang makanan ini mampu membuat hidangan lezat dengan bahan-bahan segar dan rempah-rempah alami. Tak lama kemudian, wisatawan mulai memadati tempat ini untuk melepas rasa lapar setelah menikmati keindahan pantai Pasir Putih.

Menjaga Keaslian Rasa Hingga Sekarang

Rumah makan Pasir Putih Situbondo tetap mempertahankan cita rasa asli yang diwariskan oleh pendirinya. Dalam setiap hidangan yang disajikan, pengunjung dapat merasakan sentuhan khas rempah-rempah yang melimpah. Mulai dari sambal terasi, ikan bakar, bebek goreng, hingga ayam bakar, semua diolah dengan bahan-bahan yang alami dan bumbu yang segar. Tak heran jika rumah makan Pasir Putih Situbondo menjadi terkenal di seluruh penjuru Indonesia.

Selain kuliner yang lezat, rumah makan Pasir Putih Situbondo juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan untuk dinikmati saat makan. Terletak dekat dengan pantai, pengunjung dapat menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Tidak hanya dikenal di kalangan wisatawan, rumah makan Pasir Putih Situbondo juga telah menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar. Rumah makan ini juga menjadi tempat berkumpulnya para pedagang lokal yang menjual makanan dan oleh-oleh khas Situbondo.

Seiring berjalannya waktu, rumah makan Pasir Putih Situbondo semakin berkembang dan menjadi ikon kuliner yang terkenal di Jawa Timur. Dalam setiap kunjungan ke kota Situbondo, jangan lupa untuk mampir ke rumah makan Pasir Putih dan rasakan kelezatan kuliner khas daerah tersebut.

Menu Makanan yang Ditawarkan

Menu Makanan yang Ditawarkan

Rumah makan Pasir Putih Situbondo telah dikenal akan kelezatan makanan laut dengan cita rasa khas. Wisatawan yang datang ke kota Situbondo pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan di rumah makan ini.

Berikut adalah beberapa menu makanan laut yang dikenal di rumah makan Pasir Putih Situbondo:

Menu Andalan

Menu andalan di rumah makan Pasir Putih Situbondo adalah bakar ikan, cumi goreng tepung, udang bakar, dan kepiting saus pedas. Seluruh hidangan ini dibuat dengan bahan-bahan segar dan bumbu khas Pasir Putih Situbondo. Bakar ikan yang disajikan di sini sangat terkenal karena dipanggang dengan arang secara langsung, sehingga dagingnya terasa gurih dan juicy.

Seafood

Bagi pecinta makanan laut, rumah makan Pasir Putih Situbondo adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan selera. Selain menu andalan yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat pula hidangan seafood lain seperti cumi saus tiram, sate cumi, dan kepiting saus padang. Semua hidangan ini diolah dengan teliti dan tidak menghilangkan cita rasa asli dari bahan-bahan yang digunakan.

Makanan Vegetarian

Jangan khawatir bagi Anda yang memilih hidangan vegetarian, karena rumah makan Pasir Putih Situbondo juga menyediakan beberapa pilihan hidangan vegetarian seperti cap cay, tahu goreng, dan sayur asem. Seluruh hidangan vegetarian diolah dengan bahan-bahan segar dan tidak terlalu banyak menggunakan bumbu yang merubah cita rasa asli dari sayuran.

Minuman

Tingkatkan kenikmatan makanan laut dengan menikmati minuman yang disediakan di rumah makan Pasir Putih Situbondo. Anda bisa memilih berbagai jenis minuman seperti es kelapa muda, jus, dan minuman segar lainnya yang dapat memancing selera Anda untuk mencicipi hidangan-hidangan yang disajikan di sana.

Rumah makan Pasir Putih Situbondo benar-benar merupakan surga bagi pecinta makanan laut dan vegetarian. Semua hidangan disajikan dengan kualitas terbaik dan tentunya terasa sangat enak di lidah. Jangan lupa mencoba wisata kuliner ke rumah makan Pasir Putih Situbondo ketika berkunjung ke kota Situbondo!

Lokasi dan Suasana Rumah Makan Pasir Putih Situbondo


Pantai Pasir Putih Situbondo

Rumah makan Pasir Putih Situbondo terletak di Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi, tepat di tepi pantai Pasir Putih. Dengan lokasinya yang strategis, rumah makan ini mudah dijangkau oleh wisatawan maupun warga sekitar. Pengunjung dapat dengan mudah melihat kawasan pantai yang indah dan memanfaatkannya sebagai tempat bersantai sambil menikmati hidangan yang disajikan.

Pasir Putih Situbondo berada dalam wilayah Kabupaten Situbondo dan menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Jawa Timur. Selain pantainya yang indah dan air lautnya yang jernih, keberadaan rumah makan Pasir Putih Situbondo turut memperkaya wisata kuliner di kawasan tersebut.

Suasana Rumah Makan Pasir Putih Situbondo

Rumah makan Pasir Putih Situbondo memiliki suasana yang sederhana, namun nyaman. Terdapat beberapa meja dan kursi kayu yang disusun di luar ruangan, yang membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai sambil menikmati hidangan lezat. Udara pantai yang segar dan angin sepoi-sepoi semakin membuat suasana di rumah makan Pasir Putih Situbondo semakin asyik dan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Bersamaan dengan waktu makan, pengunjung bisa juga memperhatikan aktifitas para nelayan yang sedang mencari ikan di laut atau hanya sekadar menikmati suasana pantai yang ramah untuk berenang. Selain itu, suasana yang cukup sepi dan tenang juga menghasilkan momen-momen yang cocok untuk berfoto bersama teman maupun keluarga.

Penghargaan yang Pernah Diterima

Penghargaan yang Pernah Diterima Rumah Makan Pasir Putih Situbondo

Rumah makan Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu tempat makan yang terkenal di Kabupaten Situbondo. Dengan hidangan yang lezat dan pemandangan yang indah, rumah makan ini berhasil menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Berikut adalah beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh rumah makan Pasir Putih Situbondo seiring dengan popularitasnya:

Penghargaan Terbaru

Pada tahun 2020, rumah makan Pasir Putih Situbondo meraih penghargaan sebagai “Tempat Makan Terbaik” di situs pengulas makanan Zomato. Penghargaan ini diperoleh berkat ulasan positif dari pelanggan yang puas dengan kualitas makanan dan pelayanan yang diberikan.

Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Situbondo

Pada tahun 2019, rumah makan Pasir Putih Situbondo mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Situbondo sebagai “Tempat Kuliner Terbaik”. Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo yang ke-441. Rumah makan Pasir Putih Situbondo dinilai mampu memberikan kontribusi yang besar dalam memajukan pariwisata dan kuliner di daerah tersebut.

Penghargaan dari Aplikasi Traveloka

Pada tahun 2018, rumah makan Pasir Putih Situbondo mendapatkan penghargaan dari aplikasi Traveloka sebagai “Tempat Makan Terfavorit” di kategori restoran Indonesia. Penghargaan ini diperoleh berkat popularitas rumah makan Pasir Putih Situbondo yang meningkat di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara.

Penghargaan dari Majalah Food and Travel Indonesia

Pada tahun 2017, rumah makan Pasir Putih Situbondo mendapatkan penghargaan dari majalah Food and Travel Indonesia sebagai “Restoran Terbaik di Jawa Timur”. Penghargaan ini merupakan hasil dari penilaian tim redaksi yang mencoba dan menilai semua restoran yang ada di Jawa Timur. Rumah makan Pasir Putih Situbondo berhasil menarik perhatian tim redaksi berkat hidangan yang lezat dan pemandangan yang indah.

Dengan diraihnya beberapa penghargaan di atas, rumah makan Pasir Putih Situbondo semakin dipercaya sebagai tempat makan yang berkualitas dan terbaik di kabupaten Situbondo. Penghargaan tersebut juga membuktikan bahwa usaha kecil dan menengah, seperti rumah makan Pasir Putih Situbondo, dapat bersaing dengan brand-brand besar dalam industri kuliner.

Tips Berkunjung ke Rumah Makan Pasir Putih Situbondo


Rumah Makan Pasir Putih Situbondo

Jika Anda sedang berada di daerah Situbondo, Jawa Timur dan ingin mencari tempat makan yang menarik dan enak, maka Rumah Makan Pasir Putih Situbondo bisa menjadi pilihan anda. Restoran ini terkenal dengan menu seafood khas laut utara yang segar dan enak.

Kunjungi Saat Musim Sepi

Jika Anda ingin berkunjung ke Rumah Makan Pasir Putih Situbondo, pastikan untuk menghindari kerumunan yang terjadi pada hari-hari liburan atau akhir pekan. Kunjungi restoran ini pada hari kerja atau saat musim sepi untuk menghindari antrean yang panjang dan untuk menikmati makanan khas laut utara yang segar dengan lebih nyaman.

Siapkan Budget yang Cukup

Rumah Makan Pasir Putih Situbondo memiliki harga yang terjangkau dengan menu yang lezat dan segar, namun pastikan Anda sudah menyiapkan budget yang cukup untuk menikmati hidangan yang Anda inginkan. Jangan khawatir, dengan budget yang terbatas, Anda masih bisa menikmati menu-menu seafood yang enak di sini.

Coba Menu Ikan Bakar atau Gule

Menu andalan di Rumah Makan Pasir Putih Situbondo adalah ikan bakar atau gule, yang diolah dengan cita rasa khas laut utara. Jangan lupa untuk memesan nasi dan sambal untuk menambah cita rasa dari hidangan seafood yang dihidangkan.

Atur Waktu dengan Baik

Rumah Makan Pasir Putih Situbondo buka setiap hari mulai dari pagi hingga tengah malam, sehingga Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk makan siang atau makan malam di sini. Namun, pastikan Anda sudah mengatur waktu dengan baik agar tidak kehabisan tempat atau terlambat untuk memesan makanan.

Nikmati Pemandangan Laut Utara

Selain menikmati hidangan seafood yang lezat, Rumah Makan Pasir Putih Situbondo juga menawarkan pemandangan laut utara yang indah. Anda bisa menikmati matahari terbenam atau sekedar menikmati suasana yang tenang saat makan di resto ini. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen yang indah saat Anda berkunjung ke Rumah Makan Pasir Putih Situbondo.

Cara Menuju Rumah Makan Pasir Putih Situbondo

Cara Menuju Rumah Makan Pasir Putih Situbondo

Rumah makan Pasir Putih Situbondo adalah sebuah tempat makan yang terkenal dengan menu-seafoodnya yang lezat dan khas. Bagi anda yang ingin berkunjung ke rumah makan Pasir Putih Situbondo, ada beberapa cara menuju ke sana.

Dengan Kendaraan Pribadi

Setelah tiba di kabupaten Situbondo, Anda bisa mengambil rute jalan menuju Kota Banyuwangi. Kemudian, setelah melewati Gerbang Tol Situbondo arahkan kendaraan ke arah Pantai Pasir Putih. Anda akan menemukan sebuah rambu yang menunjukkan arah menuju rumah makan Pasir Putih Situbondo. Ikuti jalur tersebut hingga sampai di lokasi. Di sekitar area tempat parkir, terdapat beberapa tukang parkir yang akan membantu memandu lokasi rumah makan Pasir Putih Situbondo.

Perlu diperhatikan, pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan atau libur nasional, jalan menuju Pantai Pasir Putih Situbondo bisa sangat padat, sehingga diperlukan kesabaran ketika berkendara. Selain itu, sebaiknya sebelum berkunjung ke rumah makan Pasir Putih Situbondo anda dapat mempersiapkan kendaraan seperti mengecek kondisi mesin, rem, kaca spion, ban dan lainnya.

Dengan Angkutan Umum

Jika Anda menggunakan angkutan umum dari Kota Surabaya, bisa naik bus jurusan Banyuwangi dan turun di terminal Banyuwangi. Kemudian, Anda bisa menggunakan angkutan umum berupa angkot atau bus antar wisatawan menuju Pantai Pasir Putih Situbondo dan turun di dekat area parkir rumah makan Pasir Putih Situbondo. Selain itu, operator travel tersedia juga dari terminal Bungurasih Surabaya dengan tujuan ke Banyuwangi. Kemudian dari Banyuwangi disambung dengan angkutan umum yang tersedia menuju pantai Pasir Putih Situbondo.

Dengan Transportasi Online

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke rumah makan Pasir Putih Situbondo dengan transportasi online, Anda bisa menggunakan layanan ojek online atau taksi online. Dalam hal ini, pastikan Anda memasukkan “Pasir Putih Beach” atau “Rumah Makan Pasir Putih Situbondo” sebagai titik tujuan akhir. Setelah sampai di area parkir, area pangkalan ojek online atau taksi online, Anda bisa memilih untuk berjalan kaki ke lokasi.

Dengan Kereta Api

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke rumah makan Pasir Putih Situbondo dengan kereta api, Anda harus turun di stasiun Banyuwangi Baru. Dari stasiun Banyuwangi Baru, Anda bisa menggunakan angkutan umum atau ojek menuju Pantai Pasir Putih Situbondo dan turun di dekat area parkir rumah makan Pasir Putih Situbondo. Selain itu, dari stasiun Pasar Turi Surabaya tersedia juga kereta api menuju ke stasiun Banyuwangi Baru. Dari masa pandemi ini pastikan untuk menyesuaikan jadwal keberangkatan kereta api terdahulu.

Dengan Perahu

Bagi Anda yang ingin menuju Rumah Makan Pasir Putih Situbondo dengan perahu, Anda bisa bertolak dari Pelabuhan Ketapang. Selain diketahui sebagai pintu gerbang utama menuju Jawa, Pelabuhan Ketapang juga dapat diakses dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi dari kota Banyuwangi, dengan jarak tempuh sekitar 10 km. Setelah tiba di Pelabuhan Ketapang, Anda bisa menyewa perahu atau menaiki kapal menuju Pantai Pasir Putih dan menyeberang ke tempat parkir Rumah Makan Pasir Putih Situbondo. Sebaiknya pastikan kondisi cuaca jangan dalam keadaan hujan atau perahu tidak beroperasi.

Rekomendasi Wisata Lain di Situbondo


Pantai Plengkung Situbondo

Selain berkunjung ke rumah makan Pasir Putih Situbondo yang terkenal dengan menu seafood lengkapnya, terdapat beberapa tempat wisata menarik di kota ini yang dapat Anda kunjungi.

Pantai Plengkung

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Situbondo tanpa mengunjungi Pantai Plengkung yang terkenal sebagai spot surfing terbaik di Indonesia. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi dan panjang yang sangat ideal untuk para peselancar. Terletak di Desa Watu Ulo, Kecamatan Anggabaya, Pantai Plengkung juga menawarkan pemandangan alam yang indah dengan tebing-tebing besar di sepanjang pantai.

Air Terjun Tancak

Bagi Anda pecinta wisata air terjun, Air Terjun Tancak bisa menjadi pilihan yang tepat. Terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Bungatan, Situbondo, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan pemandangan alam yang asri dan segar. Anda dapat menikmati keindahan alam disekitar air terjun sambil berenang atau bersantai di pinggirannya.

Puncak Gunung Gumitir

Bila Anda mencari tempat untuk melihat indahnya matahari terbit, Puncak Gunung Gumitir adalah tempat yang paling tepat. Terletak di Kecamatan Panarukan, Puncak Gunung Gumitir memiliki ketinggian sekitar 838 mdpl dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Aktivitas trekking atau hiking juga bisa dilakukan di gunung ini. Namun, pastikan Anda mempersiapkan segala kebutuhan dan keamanan yang dibutuhkan sebelum memulai perjalanan.

Air Terjun Madakaripura

Berjarak sekitar 1 jam dari Kota Situbondo, Air Terjun Madakaripura menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi primadona di kawasan Situbondo. Air terjun ini terkenal dengan keindahan airnya yang sangat jernih dan menawarkan pemandangan alam yang sangat memesona. Dalam perjalanannya, Anda juga akan melewati gua-gua yang menawan. Namun, pastikan cuaca sedang cerah karena jalur menuju ke air terjun ini cukup terjal dan berbatu.

Bukit Kapur Selow

Terletak di Desa Selow, Kecamatan Banyuglugur, Bukit Kapur Selow memiliki formasi batu kapur yang sangat menawan dan menjadi ciri khas dari situs ini. Selain menjadi tempat wisata yang menyuguhkan panorama alam yang indah, Bukit Kapur Selow juga sering dijadikan sebagai lokasi syuting untuk berbagai film dan sinetron.

Simpang Lima Gumukmas

Terletak di Desa Gumukmas, Kecamatan Panji, Simpang Lima Gumukmas adalah sebuah kompleks wisata yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Dari sini, Anda dapat melihat bagian selatan Jawa Timur dengan panorama pantai dan gunung yang sangat menarik.

Kawah Ijen

Meskipun bukan berada di wilayah Situbondo, Kawah Ijen yang terletak di Banyuwangi juga dapat dijangkau dalam waktu yang tidak terlalu lama dari Situbondo. Terkenal dengan fenomena blue fire nya dan keindahan bukit belerangnya, Kawah Ijen menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Jawa Timur.