10 Tempat Makan Enak di Situbondo yang Wajib Dicoba

Makan Enak di Situbondo

Kuliner Khas Situbondo

Kuliner khas Situbondo

Situbondo, salah satu kabupaten di Jawa Timur, memiliki kekayaan kuliner yang sangat lezat dan beragam. Berkat lokasinya yang dekat dengan Pantai Selatan Jawa, Situbondo dikenal memiliki makanan laut yang beragam dan selalu fresh.

Salah satu kuliner khas Situbondo yang wajib dicoba adalah ikan bakar. Ikan bakar merupakan hidangan yang sangat populer di daerah pesisir pantai. Ikan yang segar dibakar dengan bumbu yang lezat dan aroma yang menggugah selera. Ketika disajikan, tentu saja dengan nasi putih dan sambal matah yang khas.

Selain ikan bakar, kuliner khas Situbondo yang juga wajib dicoba adalah gule kepala ikan. Gule kepala ikan dibuat dari kepala ikan yang dimasak dengan rempah-rempah dan santan hingga kuahnya menjadi gurih dan lezat. Hidangan ini juga disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi yang kaya rasa.

Ikan Bakar

Salah satu makanan yang paling dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Situbondo adalah ikan bakar. Banyak tempat makan di daerah ini yang menyediakan ikan bakar yang lezat dan nikmat dibandingkan dengan tempat lain. Pasalnya, ikan yang diolah sangat fresh, berkualitas tinggi dan dibuat dengan bumbu yang kaya rasa dan rempah alami. Beberapa tempat makan yang menyajikan ikan bakar terbaik di Situbondo di antaranya adalah Pondok Ikan Bakar Radianto, Sari Laut, dan Ode’Sa Culinary.

Gule Kepala Ikan

Gule kepala ikan adalah hidangan khas Situbondo yang tak kalah nikmat dibandingkan ikan bakar. Hidangan ini terbuat dari kepala ikan yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan. Proses memasaknya cukup lama, sehingga menghasilkan kuah yang kental dan bercitarasa gurih. Di setiap tempat makan di Situbondo pasti menawarkan gule kepala ikan sebagai menu wajib. Beberapa tempat makan yang menyajikan hidangan ini dengan baik dan lezat diantaranya adalah Pondok Gule Kepala Ikan, Melia Ayu Restoran dan Lautan Mas Kuliner.

2. Tempat Makan Favorit di Situbondo

Makan Enak di Situbondo

Situbondo, sebuah kabupaten di Jawa Timur memang terkenal akan wisata alamnya yang menawan. Tak hanya itu, kuliner khasnya pun tak kalah lezat dengan daerah lain. Berikut ini adalah tempat-tempat makan favorit di Situbondo yang wajib untuk kamu kunjungi apabila sedang berkunjung ke sana.

2.1 Warung Pak Sukir

Berlokasi di Jalan Raya Situbondo, tepatnya di depan kampus IAIN Situbondo, terdapat warung makan yang telah terkenal bernama Warung Pak Sukir. Namanya sudah tidak asing lagi bagi warga Situbondo karena warung ini sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun.

Menu seafood bakar menjadi menu utama di tempat ini dan dijamin lezatnya. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, dengan Rp 20.000 kamu sudah bisa menikmati seporsi ikan bakar atau cumi bakar. Tak hanya itu, di sini juga tersedia aneka hidangan laut lain seperti gurame goreng, udang, kepiting, hingga kerang.

2.2 Restoran Pondok Emas

Jika kamu ingin menikmati kuliner khas Situbondo dengan suasana yang asri, Restoran Pondok Emas adalah pilihannya. Restoran yang berada di atas bukit ini menyajikan makanan laut, seperti ikan bakar, gule kepala ikan, udang, cumi, lalapan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya menu laut, di sini juga tersedia nasi liwet yang rasanya sangat pas ditambah dengan sayur bening dan ayam goreng. Kamu bisa menikmati makanan dengan suasana hijau dan sejuk di tengah pohon pinus yang menambah kesan alami.

Itulah dua tempat makan favorit di Situbondo yang wajib kamu kunjungi. Ingin mencoba kuliner lezat lainnya? Kamu bisa mencoba mie tunjuk di daerah Kapongan atau soto Ambengan di Pasar Ketapang.

Street Food di Situbondo


Street Food di Situbondo

Selain makanan berat, Situbondo juga memiliki beragam jajanan dan makanan ringan yang lezat dan bisa dinikmati di pinggir jalan. Jika sedang berkunjung ke Situbondo, jangan lewatkan untuk mencoba makanan-makanan berikut ini.

Mie Ayam

Mie Ayam merupakan makanan yang sangat popular di Situbondo. Setiap sudut kota pasti terdapat penjual mie ayam yang menggiurkan. Dari segi rasa dan tekstur, mie ayam di Situbondo memiliki cita rasa yang berbeda dengan mie ayam di tempat lain. Biasanya mie ayam di sini disajikan dengan ayam yang lembut dan potongan tomat yang segar.

Bakso

Bakso juga menjadi street food yang paling diminati di Situbondo. Banyak penjual bakso yang menjajakan makanannya di pinggir jalan maupun pusat kota. Bakso di Situbondo terkenal dengan isian rasanya yang sangat enak dan lezat. Rasanya pun berbeda dengan bakso pada umumnya.

Gado-gado

Gado-gado di Situbondo juga berbeda dengan gado-gado di kota lain. Biasanya gado-gado di Situbondo di sajikan dengan lontong, sayur, mie, dan disiram dengan bumbu kacang yang khas. Ada beberapa tempat yang menyajikan gado-gado dengan bumbu asam pedas dan gurih, sangat cocok bagi yang suka makanan pedas.

Es Campur

Es Campur di Situbondo memiliki citarasa yang khas. Isian dari es campur ini sangat variatif mulai dari cincau, nata de coco, kolang-kaling serta buah-buahan segar seperti alpukat, kelapa muda, jeruk dan masih banyak lagi. Es campur di Situbondo sangat menyegarkan terutama di siang hari yang terik.

Roti Cane

Roti Cane adalah makanan favorit lainnya bagi warga Situbondo. Dulu roti cane hanya dijual di area Jawa Timur, tetapi kini telah menyebar ke seluruh Indonesia. Selain dinikmati dengan kuah kari, roti cane di Situbondo juga dapat dihidangkan dengan bahan pelengkap lainnya seperti telur, keju, sosis dan lain-lain.

4. Jenis Minuman Khas Situbondo


Jenis Minuman Khas Situbondo

Selain makanan, di Situbondo juga terdapat berbagai jenis minuman yang bisa dinikmati. Salah satu minuman yang paling diminati oleh wisatawan maupun penduduk lokal adalah es kelapa muda.

Es kelapa muda memiliki rasa yang segar, manis, dan menyegarkan sehingga sangat cocok diminum saat cuaca panas. Minuman ini dibuat dengan cara memeras daging buah kelapa muda dan memadukan dengan gula, es batu, dan sedikit air agar lebih encer.

Bukan hanya nikmat dinikmati, es kelapa muda juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan membantu mengatasi dehidrasi.

4.1 Es Kacang Merah

Minuman khas lainnya yang juga populer di Situbondo adalah es kacang merah. Minuman segar dan manis ini sangat pas dikonsumsi di siang hari yang panas.

Es kacang merah terbuat dari kacang merah yang direbus hingga empuk dan dicampur dengan gula cair, es batu, dan susu kental manis. Warna merah khas pada minuman ini berasal dari kacang merah yang telah dihaluskan dan dicampur dengan gula.

Jika ingin merasakan sensasi yang lebih, kamu bisa menambahkan potongan nata de coco atau cincau pada es kacang merah. Kombinasi rasa creamy susu, manis gula, dan empuk kacang merah tentu akan menggugah selera.

Dalam segelas es kacang merah, terdapat banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Shopping Oleh-oleh di Situbondo


Oleh-Oleh di Situbondo

Jika kamu sedang berada di Situbondo, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas daerah ini. Pasalnya, Situbondo memiliki banyak kuliner dan produk-produk unik yang sayang untuk dilewatkan.

5.1 Aneka Makanan Kering

Bagi kamu yang suka cemilan, Situbondo memiliki banyak makanan kering yang dapat dijadikan oleh-oleh. Beberapa makanan kering yang terkenal dan wajib dicoba adalah keripik pisang, kerupuk udang, dan rempeyek. Ada juga makanan kering lainnya seperti kue putu, onde-onde, dan dodol.

Untuk membeli oleh-oleh ini, kamu bisa mengunjungi beberapa toko makanan khas Situbondo seperti Toko Makanan Khas Situbondo atau Toko Makanan Khas Sidoarjo. Di sana kamu akan menemukan banyak pilihan oleh-oleh khas Situbondo dengan harga yang terjangkau.

5.2 Tempat Wisata

Tak hanya makanan kering, Situbondo juga memiliki banyak tempat wisata yang menjual oleh-oleh. Tempat wisata yang biasa menjadi pilihan untuk membeli oleh-oleh di Situbondo seperti Pantai Watu Ulo, Pantai Batu Karang, dan Desa Wisata Kanal Banyu Anjlok.

Di Pantai Watu Ulo, kamu akan menemukan banyak pedagang yang menjual oleh-oleh seperti batu alam dan garam laut. Sementara di Pantai Batu Karang, kamu bisa membeli souvenir seperti gantungan kunci atau kalung dari kerang laut. Sedangkan di Desa Wisata Kanal Banyu Anjlok, banyak pedagang yang menjual kerajinan tangan seperti topi, tas, dan baju.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membeli oleh-oleh jenis kopi dan teh di beberapa tempat seperti Kampung Arabika Bali, Kampung Kopi Banaran, dan Rumah Teh Situbondo. Di sana kamu akan menemukan berbagai jenis kopi dan teh khas Situbondo yang tentunya sangat cocok sebagai oleh-oleh.