KPU Situbondo Gelar Pemilu Khusus Bagi Warga Binaan Lapas Kelas IIB

kpu situbondo pemilu

KPU Situbondo Gelar Pemilu Khusus Bagi Warga Binaan Lapas Kelas IIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo menggelar pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo, pada Rabu (17/4).

Pemilu khusus ini dilaksanakan agar warga binaan tetap dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Serentak 2019. Sebanyak 235 warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo terdaftar sebagai pemilih pada pemilu kali ini.

Dalam pelaksanaannya, pemilu khusus ini dilakukan dengan sistem drive thru. Warga binaan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di luar lapas menggunakan mobil tahanan. Setelah itu, warga binaan turun dari mobil dan masuk ke TPS untuk memilih. Kemudian, setelah selesai memilih, warga binaan kembali ke mobil tahanan dan meninggalkan TPS.

kpu situbondo pemilu

Pemilu khusus warga binaan lapas.

  • Tanggal: 17 April 2019
  • Lokasi: Lapas Kelas IIB Situbondo
  • Jumlah pemilih: 235 warga binaan
  • Sistem pemungutan suara: drive thru
  • Waktu pemungutan suara: 08.00-12.00 WIB
  • Jenis pemilihan: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota
  • Hasil pemilu: Belum diumumkan

Pemilu khusus ini dilaksanakan agar warga binaan tetap dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Serentak 2019.

Tanggal: 17 April 2019

Pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019.

  • Pemilu serentak

    Tanggal 17 April 2019 merupakan hari dilaksanakannya Pemilu Serentak 2019 di seluruh Indonesia, termasuk di Lapas Kelas IIB Situbondo.

  • Hari kerja

    Tanggal 17 April 2019 merupakan hari kerja, sehingga warga binaan yang bekerja di luar lapas tetap dapat menggunakan hak pilihnya.

  • Waktu yang tepat

    Tanggal 17 April 2019 dianggap sebagai waktu yang tepat untuk menggelar pemilu khusus bagi warga binaan, karena tidak berbenturan dengan jadwal kegiatan lain di lapas.

  • Kesepakatan bersama

    Tanggal 17 April 2019 merupakan tanggal yang disepakati bersama antara KPU Situbondo dan Lapas Kelas IIB Situbondo sebagai hari pelaksanaan pemilu khusus.

Dengan dilaksanakannya pemilu khusus pada tanggal 17 April 2019, maka warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo tetap dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Serentak 2019.

Lokasi: Lapas Kelas IIB Situbondo

Pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dilaksanakan di lokasi Lapas Kelas IIB Situbondo sendiri.

  • Alamat lengkap

    Lapas Kelas IIB Situbondo beralamat lengkap di Jalan Raya Besuki Nomor 152, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

  • Fasilitas yang memadai

    Lapas Kelas IIB Situbondo memiliki fasilitas yang memadai untuk pelaksanaan pemilu khusus, seperti ruang tunggu, bilik suara, dan kotak suara.

  • Pengamanan yang theologian

    Lapas Kelas IIB Situbondo memiliki pengamanan yang kuat, sehingga pelaksanaan pemilu khusus dapat berjalan dengan aman dan lancar.

  • Akses yang mudah

    Lapas Kelas IIB Situbondo mudah diakses oleh warga binaan, petugas KPU, dan pemantau pemilu.

Dengan dilaksanakannya pemilu khusus di Lapas Kelas IIB Situbondo, maka warga binaan dapat menggunakan hak pilihnya dengan mudah dan aman.

Jumlah pemilih: 235 warga binaan

Sebanyak 235 warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu Serentak 2019.

  • Data pemilih

    Data pemilih warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Situbondo.

  • Verifikasi data pemilih

    KPU Situbondo melakukan verifikasi data pemilih warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat sebagai pemilih.

  • Pemutakhiran data pemilih

    KPU Situbondo melakukan pemutakhiran data pemilih warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo untuk memastikan bahwa data pemilih selalu terbaru.

  • Pengumuman daftar pemilih tetap

    KPU Situbondo mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT) warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo pada tanggal 10 April 2019.

Dengan adanya 235 warga binaan yang terdaftar sebagai pemilih, maka KPU Situbondo wajib menyediakan TPS khusus di Lapas Kelas IIB Situbondo.

Sistem pemungutan suara: drive thru

Pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dilaksanakan dengan sistem drive thru. Sistem ini dipilih untuk mempermudah dan mempercepat warga binaan dalam menggunakan hak pilihnya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai sistem drive thru yang digunakan dalam pemilu khusus di Lapas Kelas IIB Situbondo:

  1. Mobil tahanan

    Warga binaan dibawa ke TPS menggunakan mobil tahanan.

  2. TPS di luar lapas

    TPS untuk pemilu khusus warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo berada di luar lapas, tepatnya di halaman depan lapas.

  3. Petugas KPU

    Petugas KPU berjaga di TPS untuk melayani warga binaan yang akan menggunakan hak pilihnya.

  4. Prosedur pemungutan suara

    Warga binaan turun dari mobil tahanan dan masuk ke TPS. Setelah itu, warga binaan menunjukkan KTP atau identitas diri lainnya kepada petugas KPU. Kemudian, warga binaan menerima surat suara dan tinta. Warga binaan kemudian masuk ke bilik suara untuk memilih. Setelah selesai memilih, warga binaan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara. Terakhir, warga binaan keluar dari TPS dan naik kembali ke mobil tahanan.

Sistem drive thru ini terbukti efektif dalam mempermudah dan mempercepat warga binaan dalam menggunakan hak pilihnya. Pemilu khusus di Lapas Kelas IIB Situbondo berjalan dengan lancar dan aman.

Waktu pemungutan suara: 08.00-12.00 WIB

Pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dilaksanakan pada pukul 08.00-12.00 WIB. Waktu tersebut dipilih dengan mempertimbangkan beberapa faktor berikut:

  1. Waktu kerja warga binaan

    Sebagian besar warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo bekerja di luar lapas. Oleh karena itu, waktu pemungutan suara harus disesuaikan dengan waktu kerja warga binaan.

  2. Waktu istirahat warga binaan

    Warga binaan juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Oleh karena itu, waktu pemungutan suara tidak boleh terlalu lama.

  3. Waktu persiapan petugas KPU

    Petugas KPU membutuhkan waktu untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilu khusus. Oleh karena itu, waktu pemungutan suara harus dimulai pada pukul 08.00 WIB.

  4. Waktu penghitungan suara

    Setelah pemungutan suara selesai, petugas KPU harus melakukan penghitungan suara. Oleh karena itu, waktu pemungutan suara harus berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, maka KPU Situbondo memutuskan untuk melaksanakan pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo pada pukul 08.00-12.00 WIB.

Jenis pemilihan: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota

Dalam Pemilu Serentak 2019, warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dapat memilih lima jenis pemilihan berikut:

  • Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

    Warga binaan dapat memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden yang mereka inginkan.

  • Pemilihan DPR RI

    Warga binaan dapat memilih partai politik atau calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan mereka.

  • Pemilihan DPD RI

    Warga binaan dapat memilih calon anggota DPD RI dari daerah pemilihan mereka.

  • Pemilihan DPRD Provinsi

    Warga binaan dapat memilih partai politik atau calon anggota DPRD Provinsi dari daerah pemilihan mereka.

  • Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota

    Warga binaan dapat memilih partai politik atau calon anggota DPRD Kabupaten/Kota dari daerah pemilihan mereka.

Dengan adanya lima jenis pemilihan tersebut, maka warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dapat menggunakan hak pilih mereka secara maksimal.

Hasil pemilu: Belum diumumkan

Hingga saat ini, hasil pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo belum diumumkan. Hal ini karena KPU Situbondo masih melakukan penghitungan suara.

Penghitungan suara dilakukan secara manual oleh petugas KPU Situbondo. Petugas KPU harus menghitung satu per satu surat suara yang masuk. Proses penghitungan suara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, mengingat jumlah surat suara yang cukup banyak.

Setelah proses penghitungan suara selesai, KPU Situbondo akan mengumumkan hasil pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo. Pengumuman hasil pemilu akan dilakukan melalui media massa dan juga melalui website resmi KPU Situbondo.

Warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dapat memantau hasil pemilu melalui media massa atau melalui website resmi KPU Situbondo. Warga binaan juga dapat menanyakan hasil pemilu kepada petugas Lapas Kelas IIB Situbondo.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo:

Pertanyaan 1: Kapan hasil pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo diumumkan?
Jawaban 1: Hasil pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo akan diumumkan setelah proses penghitungan suara selesai. KPU Situbondo akan mengumumkan hasil pemilu melalui media massa dan juga melalui website resmi KPU Situbondo.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo memantau hasil pemilu?
Jawaban 2: Warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dapat memantau hasil pemilu melalui media massa atau melalui website resmi KPU Situbondo. Warga binaan juga dapat menanyakan hasil pemilu kepada petugas Lapas Kelas IIB Situbondo.

Pertanyaan 3: Apa saja jenis pemilihan yang diikuti oleh warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo?
Jawaban 3: Warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo mengikuti lima jenis pemilihan, yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo menggunakan hak pilihnya?
Jawaban 4: Warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo menggunakan hak pilihnya dengan cara mengikuti sistem drive thru. Warga binaan dibawa ke TPS menggunakan mobil tahanan. Setelah itu, warga binaan turun dari mobil tahanan dan masuk ke TPS. Kemudian, warga binaan menunjukkan KTP atau identitas diri lainnya kepada petugas KPU. Setelah itu, warga binaan menerima surat suara dan tinta. Warga binaan kemudian masuk ke bilik suara untuk memilih. Setelah selesai memilih, warga binaan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara. Terakhir, warga binaan keluar dari TPS dan naik kembali ke mobil tahanan.

Pertanyaan 5: Apakah warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo wajib mengikuti pemilu?
Jawaban 5: Warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo tidak wajib mengikuti pemilu. Namun, warga binaan yang memiliki hak pilih diperbolehkan untuk menggunakan hak pilihnya.

Pertanyaan 6: Apakah pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dilaksanakan dengan aman dan lancar?
Jawaban 6: Ya, pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo yang akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu khusus:

1. Pastikan Anda terdaftar sebagai pemilih.
Warga binaan yang memiliki hak pilih harus memastikan bahwa mereka terdaftar sebagai pemilih. Warga binaan dapat mengecek status pendaftaran pemilih mereka di KPU Situbondo atau di Lapas Kelas IIB Situbondo.

2. Pelajari visi dan misi calon pemimpin dan partai politik.
Sebelum menggunakan hak pilih, warga binaan sebaiknya mempelajari visi dan misi calon pemimpin dan partai politik yang akan dipilih. Informasi tentang visi dan misi calon pemimpin dan partai politik dapat diperoleh dari media massa, internet, atau dari petugas Lapas Kelas IIB Situbondo.

3. Gunakan hak pilih Anda dengan bijaksana.
Warga binaan harus menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana. Jangan memilih calon pemimpin atau partai politik karena iming-iming hadiah atau uang. Pilihlah calon pemimpin atau partai politik yang menurut Anda terbaik dan mampu membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara.

4. Ikuti tata tertib pemilu.
Warga binaan harus mengikuti tata tertib pemilu yang telah ditetapkan oleh KPU. Warga binaan harus datang ke TPS tepat waktu dan membawa identitas diri yang sah. Warga binaan juga harus mengikuti instruksi dari petugas KPU selama proses pemungutan suara berlangsung.

Demikian beberapa tips bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo yang akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu khusus. Semoga tips ini bermanfaat.

Conclusion

Pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo telah dilaksanakan dengan aman dan lancar. Warga binaan yang memiliki hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya dengan mudah dan nyaman. Hal ini menunjukkan bahwa hak pilih warga binaan tetap dijamin meskipun mereka sedang menjalani hukuman.

Pelaksanaan pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo merupakan salah satu bentuk nyata penghormatan terhadap hak asasi manusia. Warga binaan juga memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya, termasuk hak untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat.

Semoga pelaksanaan pemilu khusus bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Situbondo dapat menjadi contoh bagi lapas-lapas lainnya di Indonesia. Dengan demikian, hak pilih warga binaan dapat terjamin dan mereka dapat ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi.


Images References :