Kode Area Situbondo: Mengenal Kota yang Kaya dengan Budaya dan Sejarahnya

kode area situbondo

Kode Area Situbondo: Mengenal Kota yang Kaya dengan Budaya dan Sejarahnya

Situbondo, sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, menyimpan banyak keindahan alam, kekayaan budaya, dan sejarah yang mempesona. Kota yang terkenal dengan kode area 0338 ini memiliki berbagai atraksi wisata yang menarik, mulai dari pantai-pantai yang indah, hingga situs-situs bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang kota ini.

Situbondo memiliki تاريخ panjang yang dimulai sejak zaman Majapahit. Kota ini pernah menjadi salah satu pelabuhan penting pada masa itu. Pada masa penjajahan Belanda, Situbondo menjadi salah satu daerah penghasil tembakau terbesar. Kekayaan alam dan budaya Situbondo inilah yang menjadikannya sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang populer di Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang kode area Situbondo, serta berbagai atraksi wisata menarik yang dapat ditemukan di kota ini. Selain itu, kita juga akan mengulas sejarah dan budaya Situbondo yang membuatnya menjadi salah satu kota yang unik dan mempesona di Jawa Timur.

kode area situbondo

Situbondo dikenal dengan kode area 0338. Kode area ini digunakan untuk semua wilayah di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

  • Jawa Timur
  • Kabupaten Situbondo
  • 0338
  • Pantai
  • Situs sejarah
  • Kuliner
  • Oleh-oleh
  • Budaya
  • Pariwisata

Dengan kode area 0338, Situbondo menawarkan berbagai atraksi wisata menarik, kuliner lezat, oleh-oleh khas, serta kekayaan budaya dan sejarah yang mempesona.

Jawa Timur

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian timur Pulau Jawa. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 47.799,77 km² dan jumlah penduduk sekitar 40 juta jiwa. Jawa Timur dikenal dengan kekayaan alam, budaya, dan sejarahnya yang mempesona. Provinsi ini juga merupakan salah satu provinsi dengan perekonomian terkuat di Indonesia.

Jawa Timur terbagi menjadi 38 kabupaten dan 9 kota. Salah satu kabupaten di Jawa Timur adalah Situbondo. Kabupaten Situbondo memiliki luas wilayah sekitar 2.567,65 km² dan jumlah penduduk sekitar 600 ribu jiwa. Kabupaten Situbondo terkenal dengan kode area 0338.

Kode area 0338 digunakan untuk semua wilayah di Kabupaten Situbondo, termasuk kecamatan-kecamatan di dalamnya. Beberapa kecamatan di Kabupaten Situbondo antara lain Asembagus, Banyuputih, Besuki, Bungatan, Cerme, Jatibanteng, Kapongan, Kendit, Mangaran, Mlandingan, Panarukan, Patrang, Situbondo, Suboh, dan Sumbermalang.

Dengan kode area 0338, Kabupaten Situbondo menawarkan berbagai atraksi wisata menarik, mulai dari pantai-pantai yang indah, hingga situs-situs bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang kabupaten ini. Selain itu, Kabupaten Situbondo juga terkenal dengan kulinernya yang lezat, oleh-olehnya yang khas, serta kekayaan budaya dan sejarahnya yang mempesona.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Kabupaten Situbondo dan menggunakan kode area 0338 untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat atau mencari informasi tentang berbagai atraksi wisata yang ada di kabupaten ini.

Kabupaten Situbondo

Kabupaten Situbondo terletak di bagian timur Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 2.567,65 km² dan jumlah penduduk sekitar 600 ribu jiwa. Kabupaten Situbondo terkenal dengan kode area 0338.

  • Pusat pemerintahan

    Pusat pemerintahan Kabupaten Situbondo berada di Kecamatan Situbondo. Kecamatan Situbondo merupakan kecamatan terpadat di Kabupaten Situbondo dengan jumlah penduduk sekitar 100 ribu jiwa.

  • Kecamatan

    Kabupaten Situbondo terdiri dari 17 kecamatan, yaitu Asembagus, Banyuputih, Besuki, Bungatan, Cerme, Jatibanteng, Kapongan, Kendit, Mangaran, Mlandingan, Panarukan, Patrang, Situbondo, Suboh, dan Sumbermalang.

  • Desa/kelurahan

    Kabupaten Situbondo terdiri dari 219 desa dan 13 kelurahan. Desa/kelurahan terbanyak terdapat di Kecamatan Situbondo, yaitu sebanyak 26 desa/kelurahan.

  • Kode pos

    Kabupaten Situbondo memiliki kode pos 68311 hingga 68382. Kode pos terbanyak terdapat di Kecamatan Situbondo, yaitu sebanyak 8 kode pos.

Dengan kode area 0338, Kabupaten Situbondo menawarkan berbagai atraksi wisata menarik, mulai dari pantai-pantai yang indah, hingga situs-situs bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang kabupaten ini. Selain itu, Kabupaten Situbondo juga terkenal dengan kulinernya yang lezat, oleh-olehnya yang khas, serta kekayaan budaya dan sejarahnya yang mempesona.

0338

0338 adalah kode area untuk Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kode area ini digunakan untuk semua wilayah di Kabupaten Situbondo, termasuk kecamatan-kecamatan di dalamnya.

  • Nomor telepon

    Untuk melakukan panggilan telepon ke Kabupaten Situbondo dari luar wilayah Kabupaten Situbondo, Anda harus menggunakan kode area 0338 terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda ingin menelepon ke nomor telepon 12345678 di Kabupaten Situbondo, maka Anda harus menekan 0338-12345678.

  • Nomor ponsel

    Nomor ponsel di Kabupaten Situbondo juga menggunakan kode area 0338. Misalnya, jika Anda memiliki nomor ponsel 0812-34567890, maka kode area 0338 sudah termasuk di dalamnya.

  • Tarif panggilan telepon

    Tarif panggilan telepon ke Kabupaten Situbondo dari luar wilayah Kabupaten Situbondo akan dikenakan biaya interlokal. Tarif interlokal bervariasi tergantung pada operator seluler yang Anda gunakan.

  • Jangkauan kode area

    Kode area 0338 hanya berlaku untuk wilayah Kabupaten Situbondo. Jika Anda berada di luar wilayah Kabupaten Situbondo, maka Anda tidak dapat menggunakan kode area 0338.

Dengan kode area 0338, Kabupaten Situbondo menawarkan berbagai atraksi wisata menarik, mulai dari pantai-pantai yang indah, hingga situs-situs bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang kabupaten ini. Selain itu, Kabupaten Situbondo juga terkenal dengan kulinernya yang lezat, oleh-olehnya yang khas, serta kekayaan budaya dan sejarahnya yang mempesona.

Pantai

Kabupaten Situbondo memiliki garis pantai yang panjang dan indah. Di sepanjang pantai tersebut, terdapat banyak pantai-pantai yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa pantai yang terkenal di Kabupaten Situbondo antara lain:

  • Pantai Pasir Putih

    Pantai Pasir Putih terletak di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih bersih dan air lautnya yang jernih. Pantai Pasir Putih juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, warung makan, dan tempat parkir.

  • Pantai Banongan

    Pantai Banongan terletak di Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan cocok untuk berselancar. Pantai Banongan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan, restoran, dan tempat parkir.

  • Pantai Baluran

    Pantai Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Pantai ini merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran. Pantai Baluran terkenal dengan pemandangannya yang indah dan satwa liarnya yang beragam. Pantai Baluran juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti camping ground, warung makan, dan tempat parkir.

  • Pantai Klatak

    Pantai Klatak terletak di Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. Pantai ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan sunsetnya yang mempesona. Pantai Klatak juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, warung makan, dan tempat parkir.

Selain pantai-pantai tersebut, masih banyak pantai-pantai lain yang menarik di Kabupaten Situbondo. Dengan kode area 0338, Anda dapat dengan mudah menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang pantai-pantai tersebut.

Situs sejarah

Kabupaten Situbondo memiliki banyak situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa situs sejarah tersebut antara lain:

1. Candi Jawi
Candi Jawi terletak di Desa Jawi, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-13 oleh Kerajaan Singhasari. Candi Jawi merupakan candi Hindu-Buddha yang unik karena memiliki dua bagian, yaitu bagian Hindu di sebelah barat dan bagian Buddha di sebelah timur. Candi Jawi juga dilengkapi dengan berbagai relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu.

2. Situs Baluran
Situs Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Situs ini merupakan kawasan hutan lindung yang memiliki luas sekitar 25.000 hektar. Situs Baluran terkenal dengan satwa liarnya yang beragam, seperti banteng, rusa, dan macan tutul. Selain itu, Situs Baluran juga memiliki beberapa situs sejarah, seperti Goa Jepang dan Makam Kyai Baluran.

3. Makam Syaikh Maulana Ishaq
Makam Syaikh Maulana Ishaq terletak di Desa Kembangsari, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo. Makam ini merupakan tempat dimakamkannya Syaikh Maulana Ishaq, seorang ulama besar yang menyebarkan agama Islam di Jawa Timur pada abad ke-15. Makam Syaikh Maulana Ishaq menjadi salah satu tempat wisata religi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

4. Benteng Panarukan
Benteng Panarukan terletak di Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. Benteng ini dibangun oleh Belanda pada abad ke-17 untuk mempertahankan wilayah Situbondo dari serangan Inggris. Benteng Panarukan merupakan salah satu benteng tertua di Jawa Timur dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Benteng Panarukan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan kode area 0338, Anda dapat dengan mudah menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang situs-situs sejarah tersebut.

Kuliner

Kabupaten Situbondo memiliki berbagai kuliner khas yang lezat dan menggugah selera. Beberapa kuliner khas Situbondo antara lain:

1. Nasi Sruntul
Nasi sruntul adalah kuliner khas Situbondo yang terbuat dari nasi, tempe, kacang tanah, dan bumbu rempah-rempah. Nasi sruntul biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ikan asin, telur dadar, dan sambal. Nasi sruntul memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, sehingga cocok untuk disantap sebagai menu makan siang atau makan malam.

2. Soto Situbondo
Soto Situbondo adalah kuliner khas Situbondo yang terbuat dari kuah kaldu sapi atau ayam, dengan isian daging sapi atau ayam, tauge, kecambah, dan perkedel. Soto Situbondo memiliki cita rasa yang segar dan gurih, sehingga cocok untuk disantap sebagai menu sarapan atau makan siang.

3. Rujak Soto
Rujak soto adalah kuliner khas Situbondo yang terbuat dari lontong, tahu, tempe, dan sayuran, yang disiram dengan kuah soto dan bumbu rujak. Rujak soto memiliki cita rasa yang segar, gurih, dan pedas, sehingga cocok untuk disantap sebagai menu makan siang atau makan malam.

4. Pecel Pincuk
Pecel pincuk adalah kuliner khas Situbondo yang terbuat dari nasi, sayuran rebus, dan bumbu pecel. Pecel pincuk biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti tempe goreng, tahu goreng, dan telur dadar. Pecel pincuk memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, sehingga cocok untuk disantap sebagai menu makan siang atau makan malam.

Dengan kode area 0338, Anda dapat dengan mudah menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang kuliner-kuliner khas Situbondo tersebut.

Oleh-oleh

Kabupaten Situbondo memiliki berbagai oleh-oleh khas yang dapat Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Beberapa oleh-oleh khas Situbondo antara lain:

  • Keripik Tempe

    Keripik tempe adalah oleh-oleh khas Situbondo yang terbuat dari tempe yang diiris tipis-tipis, kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Keripik tempe memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai camilan.

  • Otak-otak Bandeng

    Otak-otak bandeng adalah oleh-oleh khas Situbondo yang terbuat dari daging ikan bandeng yang dicampur dengan bumbu-bumbu, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Otak-otak bandeng memiliki cita rasa yang gurih dan lembut, sehingga cocok untuk disantap sebagai lauk-pauk.

  • Kue Lumpur

    Kue lumpur adalah oleh-oleh khas Situbondo yang terbuat dari tepung terigu, gula, mentega, dan telur. Kue lumpur memiliki cita rasa yang manis dan lembut, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai hidangan penutup.

  • Batik Situbondo

    Batik Situbondo adalah oleh-oleh khas Situbondo yang terbuat dari kain katun yang digambar dengan motif-motif khas Situbondo. Batik Situbondo memiliki berbagai motif, seperti motif bunga, motif burung, dan motif ikan. Batik Situbondo cocok untuk dijadikan sebagai pakaian atau sebagai hiasan rumah.

Dengan kode area 0338, Anda dapat dengan mudah menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang oleh-oleh khas Situbondo tersebut.

Budaya

Kabupaten Situbondo memiliki berbagai budaya yang unik dan menarik. Beberapa budaya khas Situbondo antara lain:

  • Tari Gandrung

    Tari Gandrung adalah tari tradisional khas Situbondo yang dibawakan oleh seorang penari wanita. Tari Gandrung biasanya ditampilkan pada acara-acara adat atau sebagai hiburan. Tari Gandrung memiliki gerakan yang lemah gemulai dan anggun, sehingga sangat menarik untuk ditonton.

  • Musik Patrol

    Musik Patrol adalah musik tradisional khas Situbondo yang dimainkan dengan menggunakan berbagai alat musik, seperti terompet, drum, dan gong. Musik Patrol biasanya dimainkan pada acara-acara adat atau sebagai hiburan. Musik Patrol memiliki ritme yang cepat dan semangat, sehingga sangat cocok untuk memeriahkan suasana.

  • Wayang Potehi

    Wayang Potehi adalah kesenian tradisional khas Situbondo yang menggunakan boneka sebagai tokoh-tokohnya. Wayang Potehi biasanya dipentaskan pada acara-acara adat atau sebagai hiburan. Wayang Potehi memiliki cerita yang menarik dan lucu, sehingga sangat cocok untuk ditonton oleh anak-anak maupun orang dewasa.

  • Tradisi Petik Laut

    Tradisi Petik Laut adalah tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Situbondo sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang melimpah. Tradisi Petik Laut biasanya dilaksanakan pada bulan Muharram. Pada tradisi Petik Laut, masyarakat Situbondo akan melarung sesaji ke laut sebagai bentuk persembahan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan kode area 0338, Anda dapat dengan mudah menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang budaya khas Situbondo tersebut.

Pariwisata

Kabupaten Situbondo memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa objek wisata tersebut antara lain:

  • Pantai Pasir Putih

    Pantai Pasir Putih terletak di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih bersih dan air lautnya yang jernih. Pantai Pasir Putih juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, warung makan, dan tempat parkir.

  • Pantai Banongan

    Pantai Banongan terletak di Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan cocok untuk berselancar. Pantai Banongan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan, restoran, dan tempat parkir.

  • Pantai Baluran

    Pantai Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Pantai ini merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran. Pantai Baluran terkenal dengan pemandangannya yang indah dan satwa liarnya yang beragam. Pantai Baluran juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti camping ground, warung makan, dan tempat parkir.

  • Candi Jawi

    Candi Jawi terletak di Desa Jawi, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-13 oleh Kerajaan Singhasari. Candi Jawi merupakan candi Hindu-Buddha yang unik karena memiliki dua bagian, yaitu bagian Hindu di sebelah barat dan bagian Buddha di sebelah timur. Candi Jawi juga dilengkapi dengan berbagai relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu.

Dengan kode area 0338, Anda dapat dengan mudah menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang objek-objek wisata tersebut.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Situbondo:

Pertanyaan 1: Apa kode area Situbondo?
Jawaban: Kode area Situbondo adalah 0338.

Pertanyaan 2: Apa saja objek wisata yang menarik di Situbondo?
Jawaban: Beberapa objek wisata yang menarik di Situbondo antara lain Pantai Pasir Putih, Pantai Banongan, Pantai Baluran, dan Candi Jawi.

Pertanyaan 3: Apa saja kuliner khas Situbondo?
Jawaban: Beberapa kuliner khas Situbondo antara lain Nasi Sruntul, Soto Situbondo, Rujak Soto, dan Pecel Pincuk.

Pertanyaan 4: Apa saja oleh-oleh khas Situbondo?
Jawaban: Beberapa oleh-oleh khas Situbondo antara lain Keripik Tempe, Otak-otak Bandeng, Kue Lumpur, dan Batik Situbondo.

Pertanyaan 5: Apa saja budaya khas Situbondo?
Jawaban: Beberapa budaya khas Situbondo antara lain Tari Gandrung, Musik Patrol, Wayang Potehi, dan Tradisi Petik Laut.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menghubungi penduduk setempat di Situbondo?
Jawaban: Untuk menghubungi penduduk setempat di Situbondo, Anda dapat menggunakan kode area 0338.

Dengan kode area 0338, Anda dapat dengan mudah menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang Situbondo.

Selain FAQ, berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk Anda yang ingin berkunjung ke Situbondo:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin berkunjung ke Situbondo:

Tips 1: Gunakan kode area 0338 saat menghubungi penduduk setempat.

Kode area 0338 digunakan untuk semua wilayah di Kabupaten Situbondo. Dengan menggunakan kode area ini, Anda dapat dengan mudah menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang Situbondo.

Tips 2: Kunjungi objek-objek wisata yang menarik.

Situbondo memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Banongan, Pantai Baluran, dan Candi Jawi. Pastikan untuk mengunjungi objek-objek wisata tersebut saat Anda berkunjung ke Situbondo.

Tips 3: Cicipi kuliner khas Situbondo.

Situbondo memiliki berbagai kuliner khas yang lezat dan menggugah selera, seperti Nasi Sruntul, Soto Situbondo, Rujak Soto, dan Pecel Pincuk. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner khas tersebut saat Anda berkunjung ke Situbondo.

Tips 4: Beli oleh-oleh khas Situbondo.

Situbondo memiliki berbagai oleh-oleh khas yang dapat Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Beberapa oleh-oleh khas Situbondo antara lain Keripik Tempe, Otak-otak Bandeng, Kue Lumpur, dan Batik Situbondo.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menikmati perjalanan Anda ke Situbondo dengan lebih menyenangkan.

Demikian informasi tentang kode area Situbondo dan berbagai hal menarik yang dapat Anda temukan di sana. Jangan lupa untuk menggunakan kode area 0338 saat menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang Situbondo.

Conclusion

Situbondo adalah kabupaten yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini memiliki kode area 0338 dan berbagai hal menarik yang dapat ditemukan di sana.

Situbondo memiliki berbagai objek wisata yang menarik, seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Banongan, Pantai Baluran, dan Candi Jawi. Kabupaten ini juga terkenal dengan kulinernya yang lezat, seperti Nasi Sruntul, Soto Situbondo, Rujak Soto, dan Pecel Pincuk. Selain itu, Situbondo juga memiliki berbagai oleh-oleh khas, seperti Keripik Tempe, Otak-otak Bandeng, Kue Lumpur, dan Batik Situbondo.

Dengan kode area 0338, Anda dapat dengan mudah menghubungi penduduk setempat atau mencari informasi tentang Situbondo. Jangan lupa untuk menggunakan kode area ini saat Anda berkunjung ke Situbondo.

Situbondo adalah kabupaten yang indah dan ramah. Kabupaten ini memiliki berbagai hal menarik yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Jika Anda berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Kabupaten Situbondo.

Selamat jalan!


Images References :