Menelusuri Keunikan dan Potensi Kecamatan di Situbondo

Kecamatan di Situbondo

Pendahuluan

Membahas tentang kabupaten Situbondo, terletak di provinsi Jawa Timur yang terdiri dari 16 kecamatan. Selain itu, kita juga akan membahas lebih lanjut tentang kecamatan-kecamatan tersebut.

Kecamatan Panji

Kecamatan Panji

Kecamatan Panji terletak di bagian selatan kabupaten Situbondo dengan luas wilayah 66,47 km² dan terdiri dari 14 desa dan 1 kelurahan. Kecamatan ini memiliki berbagai potensi pariwisata seperti objek wisata pantai, gunung, dan danau.

Kecamatan Asembagus

Kecamatan Asembagus terletak di bagian timur kabupaten Situbondo, memiliki luas wilayah 84,03 km² dan terdiri dari 12 desa dan 2 kelurahan. Kecamatan ini terkenal dengan produksi gula yang melimpah, sehingga menjadi salah satu pendapatan utama bagi masyarakatnya. Selain itu, kecamatan ini juga memiliki Daya Tarik Wisata Gua Susu, yaitu gua yang mempunyai keunikan tersendiri karena terdapat bongkahan-bongkahan batu garam pada dinding gua.

Kecamatan Banyuglugur


Kecamatan Banyuglugur

Kecamatan Banyuglugur terletak di bagian barat Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 60,29 km² dan terdiri dari 12 desa. Banyuglugur berada di dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 5-10 meter di atas permukaan laut. Kecamatan ini dikelilingi oleh perbukitan dan gunung, sehingga memiliki keindahan alam yang mempesona.

Banyuglugur memiliki potensi pariwisata yang cukup besar. Salah satu objek wisata yang populer adalah Pantai Pulau Merah, yang terletak di Desa Sumberagung. Pantai ini memiliki keindahan pantai yang mempesona dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang bersih. Selain itu, terdapat juga tempat wisata lainnya seperti Green Bay, Pantai Pasir Putih, dan Air Terjun Jolosutro.

Di sektor pertanian, Banyuglugur terkenal dengan produksi buah durian yang berkualitas. Selain durian, terdapat juga beberapa jenis buah lainnya seperti mangga, rambutan, dan salak. Di samping itu, kecamatan ini juga memiliki potensi perikanan yang cukup besar dengan adanya tambak-tambak udang di sepanjang pantai.

Kecamatan Besuki

Merupakan salah satu kecamatan terbesar di Situbondo dengan luas wilayah mencapai 252,29 km² dan terdiri dari 22 desa. Besuki terletak di daerah pegunungan sehingga memiliki panorama alam yang menakjubkan. Di kecamatan ini terdapat Gunung Argopuro, gunung tertinggi di Situbondo dengan ketinggian mencapai 3.088 mdpl.

Kecamatan Jatibanteng


Kecamatan Jatibanteng

Kecamatan Jatibanteng merupakan salah satu dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Secara geografis, kecamatan ini berada di bagian utara Situbondo dengan total luas wilayah mencapai 51,59 km². Wilayah ini terdiri dari 11 desa dan 1 kelurahan yang semuanya memiliki potensi alam yang sangat baik.

Masyarakat di kecamatan ini mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Tanaman utama yang dibudidayakan di kecamatan Jatibanteng adalah padi, jagung, kedelai, dan ubi kayu, sementara hasil perikanan yang cukup populer adalah ikan tongkol, ikan tuna, dan layur. Selain itu, wisata alam juga menjadi salah satu potensi yang cukup menjanjikan di kecamatan ini dengan keindahan Pantai Torong Nangka yang mempesona dan kawasan perbukitan yang menawarkan panorama alam yang indah.

Kecamatan Suboh

Kecamatan Suboh terdiri dari 17 desa dengan luas wilayah mencapai 55,14 km² dan terletak di bagian timur Situbondo.

Kecamatan Suboh adalah salah satu kecamatan yang terletak di sebelah timur Kabupaten Situbondo. Dengan total luas wilayah mencapai 55,14 km², terdiri dari 17 desa, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bondowoso di sebelah timurnya. Kecamatan ini memiliki potensi alam dan budaya yang sangat kaya, mulai dari perkebunan teh, keindahan wisata alam, hingga potensi kerajinan batik yang cukup terkenal di daerah ini.

Salah satu objek wisata yang cukup populer di Kecamatan Suboh adalah Wisata Gunung Baluran yang menawarkan pemandangan indah pegunungan dan hutan yang masih asri. Selain itu, kecamatan ini juga memiliki beberapa desa wisata yang menawarkan potensi kebudayaan dan seni, seperti batik tulis Suboh yang digarap oleh warga setempat dengan teknik yang masih tradisional.

Tidak hanya potensi alam dan budaya saja, Kecamatan Suboh juga memiliki beberapa program pengembangan ekonomi yang menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah program pengembangan agrobisnis teh yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani teh dan mengembangkan sektor pariwisata di daerah ini.

Kecamatan Mlandingan

Kecamatan Mlandingan Situbondo

Kecamatan Mlandingan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Situbondo yang terletak di bagian utara Kabupaten Situbondo. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sekitar 113,45 km² dan terbagi menjadi 18 desa serta 2 kelurahan.

Kecamatan Mlandingan memiliki potensi alam yang sangat melimpah. Kecamatan ini memiliki hamparan hutan lindung seluas 22.578 hektar yang menjadi habitat satwa seperti merak hijau, monyet ekor panjang, dan bajing. Selain itu, kecamatan ini juga memiliki beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Kiumbuputih, dan jembatan gantung yang menghubungkan Dusun Melati dan Dusun Ponggok.

Masyarakat Kecamatan Mlandingan sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani. Mereka menanam padi, jagung, kentang, dan sayuran. Selain itu, beberapa masyarakat juga memilih bercocok tanam di bagian hutan yang masih berada di sekitar desa mereka.

Desa Tlawah

Desa Tlawah merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Mlandingan. Desa ini tidak hanya terkenal karena keindahan alamnya, namun juga karena hasil kerajinan tangan dari masyarakatnya yang sangat unik. Pengrajin topi gelung atau yang disebut juga “gentong” merupakan salah satu kegiatan warga yang paling populer di desa ini. Topi gelung ini terbuat dari anyaman daun pandan yang dipintal menjadi seutas tali, kemudian dianyam membentuk corong dan bagian atasnya dijahit sedemikian rupa hingga membentuk bulatan kecil.

Menurut Bapak Mohammed, salah satu pengrajin di Desa Tlawah, topi gelung merupakan salah satu ciri khas dari masyarakat desa tersebut. Pengrajin topi gelung biasanya adalah ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang di rumah. Harga topi gelung cukup murah, berkisar antara Rp5.000 sampai Rp10.000 per buah, namun keindahan dan keunikan topi ini sungguh memukau. Topi gelung dari Desa Tlawah telah dijual ke berbagai penjuru Indonesia bahkan hingga ke mancanegara.

Keberadaan topi gelung dari Desa Tlawah diharapkan dapat menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat setempat, sehingga pemerintah dan masyarakat setempat dapat mengembangkan kerajinan tangan ini untuk dijadikan sebagai komoditas ekonomi yang berkelanjutan.

Kecamatan Sumbermalang


Kecamatan Sumbermalang

Kecamatan Sumbermalang menjadi salah satu kecamatan yang terletak di bagian selatan Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Dengan total luas wilayah mencapai 85,36 km², kecamatan ini terdiri dari 9 desa. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti air terjun Cemara Sewu dan Bukit Cinta.

Potensi Pariwisata di Kecamatan Sumbermalang

Dalam menjaga keberagaman alamnya, Kecamatan Sumbermalang memiliki potensi pariwisata yang masih dapat terus dikembangkan. Salah satu destinasi unggulan yang terletak di kecamatan ini adalah Air Terjun Cemara Sewu, yang memiliki air yang jernih dan sejuk. Selain itu, terdapat Pemandian Sumber Panjang yang merupakan pemandian air panas alami yang dapat digunakan untuk relaksasi. Untuk pengunjung yang menyukai kegiatan pendakian, Bukit Cinta menjadi salah satu tujuan yang menarik dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Pendidikan dan Kesehatan di Kecamatan Sumbermalang

Kecamatan Sumbermalang memiliki beberapa fasilitas pendidikan, seperti SDN Sumbermalang 1 dan SMPN 1 Sumbermalang. Selain itu, di kecamatan ini juga terdapat beberapa puskesmas dan klinik untuk memenuhi kebutuhan kesehatan warga setempat.

Perkebunan di Kecamatan Sumbermalang

Kecamatan Sumbermalang memiliki beberapa lahan perkebunan, di antaranya adalah perkebunan kakao dan kopi. Demikian juga, terdapat perkebunan kelapa dan jagung yang menjadi sumber nafkah bagi masyarakat setempat. Perkebunan di kecamatan ini dapat menjadi penghasilan tambahan bagi warga yang bermukim disana.

Potensi Perikanan di Kecamatan Sumbermalang

Selain potensi perkebunan, kecamatan ini juga memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Terdapat beberapa sungai di kecamatan Sumbermalang yang dapat dimanfaatkan untuk budi daya ikan, seperti sungai Kemuning dan Kalinanas.

Transportasi di Kecamatan Sumbermalang

Kecamatan Sumbermalang dapat diakses melalui beberapa jalur transportasi. Transportasi darat dari Terminal Arjosari Malang ke Terminal Situbondo dengan waktu perjalanan sekitar 4 jam. Selain itu, terdapat juga transportasi udara dari Bandara Juanda Surabaya ke Bandara Banyuwangi, yang kemudian dapat dilanjutkan dengan menggunakan transportasi darat menuju kecamatan ini.