Jadwal Sholat Besuki Situbondo: Waktu Sholat Terbaru Hari Ini – Kompasiana.com

Pengenalan


Jadwal Sholat Besuki Situbondo

Besuki Situbondo adalah sebuah kecamatan yang terletak di wilayah Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Kecamatan ini terkenal akan keberadaan Masjid Jami’ Al-Khoiri yang merupakan salah satu masjid tertua di Jawa Timur. Masjid tersebut telah menjadi pusat kegiatan masyarakat muslim di daerah ini sejak berdirinya pada tahun 1570 M.

Bagi umat muslim, peribadatan merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan adalah sholat. Untuk dapat menjalankan sholat dengan tepat waktu, umat muslim memerlukan jadwal sholat sebagai pedoman dalam melaksanakan ibadah.

Sejarah

Asal usul jadwal sholat di Besuki Situbondo

Jadwal sholat di Besuki Situbondo berawal dari adanya kebutuhan untuk memudahkan umat muslim dalam memenuhi kewajiban sholat. Dahulu kala, masyarakat hanya mengandalkan petunjuk waktu sholat dari alat penunjuk waktu seperti jam dinding atau jam tangan.

Namun, pada tahun 1960-an, muncul ide untuk membuat jadwal sholat yang lebih terorganisir dan mudah dipakai oleh masyarakat. Ide tersebut bermula dari kegiatan pengajian rutin yang diselenggarakan oleh para ulama di Masjid Jami’ Al-Khoiri Besuki Situbondo.

Para ulama tersebut menyadari bahwa banyak umat muslim yang kesulitan dalam menentukan waktu sholat karena alat penunjuk waktu yang kurang akurat atau tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, mereka sepakat untuk membuat jadwal sholat yang berisikan waktu sholat secara lengkap dan akurat untuk memudahkan umat muslim dalam menjalankan ibadah.

Awalnya, jadwal sholat tersebut disebarkan secara langsung pada masyarakat melalui pengumuman di masjid dan sekolah-sekolah agama. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, jadwal sholat itu kemudian dicetak menjadi kalender dan disebarkan ke seluruh pelosok kota Besuki Situbondo.

Sejak saat itu, jadwal sholat telah menjadi pedoman penting bagi umat muslim di Besuki Situbondo dalam melaksanakan sholat dengan waktu yang tepat. Jadwal sholat itu juga dianggap sebagai identitas khas dari Masjid Jami’ Al-Khoiri Besuki Situbondo yang terkenal sebagai pusat kegiatan keagamaan dan pendidikan di wilayah tersebut.

Metode perhitungan


Metode perhitungan jadwal sholat Besuki Situbondo

Metode perhitungan jadwal sholat di Besuki Situbondo mengacu pada perhitungan astronomi dan rumus matematika yang telah diakui oleh para ulama dan ahli fiqih di seluruh dunia Islam. Metode ini memungkinkan umat muslim di Besuki Situbondo untuk mengetahui waktu-waktu sholat yang tepat dengan lebih akurat.

Terdapat beberapa metode perhitungan yang bisa digunakan untuk menentukan jadwal sholat di Besuki Situbondo, seperti metode hisab dan rukyat. Metode hisab adalah metode perhitungan yang dilakukan berdasarkan perhitungan matematika, sedangkan metode rukyat adalah metode perhitungan yang dilakukan berdasarkan pengamatan langsung terhadap posisi matahari dan bulan.

Di Besuki Situbondo, umat muslim umumnya menggunakan metode hisab untuk menentukan jadwal sholat. Metode hisab yang digunakan bertumpu pada perhitungan dan kalender hijriyah. Kalender ini mencatat gerak bulan dan matahari berdasarkan pembagian 29 atau 30 hari setiap bulannya, yang disesuaikan dengan gerakan perputaran bulan. Dalam metode hisab ini, waktu matahari terbenam dihitung menggunakan rumus trigonometri yang telah dipastikan kebenarannya melalui penelitian dan penyelidikan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi

Faktor-faktor alamiah dan perhitungan astronomi yang mempengaruhi jadwal sholat di Besuki Situbondo

Beberapa faktor alamiah dan perhitungan astronomi mempengaruhi jadwal sholat di Besuki Situbondo. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi adalah posisi matahari dan bulan, serta arah kiblat.

Posisi matahari dan bulan menjadi faktor paling vital dalam perhitungan jadwal sholat di Besuki Situbondo. Umat muslim di Besuki Situbondo menggunakan hisab untuk menentukan waktu sholat berdasarkan posisi tertentu matahari dan bulan. Matahari terbenam menjadi acuan waktu sholat Maghrib, sedangkan matahari terbit menjadi acuan waktu sholat Subuh. Sedangkan, untuk menentukan waktu sholat Duhur, Ashar, dan Isya, umat muslim di Besuki Situbondo mengacu pada posisi matahari di langit.

Selain itu, arah kiblat juga menjadi faktor penting dalam menentukan jadwal sholat di Besuki Situbondo. Umat muslim di Besuki Situbondo harus menghadap ke arah Ka’bah saat melakukan sholat. Untuk itu, mereka harus memastikan posisi kiblat yang tepat sebelum memulai sholat.

Demikianlah penjelasan tentang metode perhitungan dan faktor-faktor yang mempengaruhi jadwal sholat di Besuki Situbondo. Dengan mengetahui metode perhitungan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, umat muslim di Besuki Situbondo dapat mengikuti jadwal sholat dengan lebih akurat dan sesuai dengan tuntunan syariah.

Jadwal sholat fardhu


jadwal sholat besuki situbondo

Bagi umat muslim di Besuki Situbondo, jadwal sholat fardhu lima waktu sangatlah penting untuk diikuti. Berikut ini adalah jadwal sholat fardhu lima waktu di Besuki Situbondo:

  • Shubuh: 04.16 WIB
  • Dzuhur: 11.52 WIB
  • Ashar: 15.05 WIB
  • Maghrib: 17.50 WIB
  • Isya: 18.59 WIB

Jadwal di atas dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi geografis dan perubahan musim yang terjadi di Besuki Situbondo. Oleh karena itu, penyesuaian jadwal sholat menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Penyesuaian jadwal

Sebagai sebuah kota kecil, Besuki Situbondo terletak di wilayah tropis. Kondisi geografis yang dimilikinya membuat suhu udara cenderung stabil sepanjang tahun, dengan curah hujan yang cukup tinggi di musim penghujan. Perubahan cuaca ini perlu diperhitungkan dalam menyesuaikan jadwal sholat fardhu lima waktu.

Karena posisi Bumi yang berputar pada sumbunya, maka waktu sholat bisa saja mengalami penyesuaian mengikuti perubahan fajar dan magrib. Hal ini tentunya memerlukan kajian matang dan penyesuaian yang tepat agar tidak salah dalam menentukan waktu sholat fardhu lima waktu. Sebagai contoh, ketika terjadi pergeseran musim dari musim panas ke musim dingin, maka waktu magrib bisa saja menjadi lebih awal.

Selain itu, penyesuaian jadwal sholat juga perlu memperhitungkan faktor waktu terbit matahari dan terbenamnya. Hal ini dapat berbeda-beda tergantung pada posisi geografis suatu wilayah. Misalnya di kota lain, waktu shalat magrib bisa saja lebih awal atau lebih lambat tergantung pada lokasi geografisnya yang berbeda dengan Besuki Situbondo.

Oleh karena itu, dalam menetapkan jadwal sholat fardhu lima waktu di Besuki Situbondo, perlu adanya kajian dan penyesuaian yang tepat. Hal ini dilakukan agar umat muslim di Besuki Situbondo dapat menjalankan ibadah dengan baik dan tepat waktu. Selain itu, penyesuaian jadwal juga dapat membantu menghindari kesalahan dalam menentukan waktu sholat, sehingga ibadah pun dapat dilakukan dengan lebih khusyuk dan berpahala.

Jadwal sholat sunnah


Jadwal sholat sunnah Besuki Situbondo

Jam-jam sholat sunnah di Besuki Situbondo mengikuti jadwal sholat wajib seperti sholat tahajud, dhuha, rawatib, hajat, istikharah, dan lainnya. Namun, banyak di antara kita yang masih belum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat sunnah tersebut.

Untuk itu, berikut ini jadwal sholat sunnah beserta waktu pelaksanaannya di Besuki Situbondo:

No
Sholat Sunnah
Waktu Pelaksanaan
1
Sholat Tahajud
Setelah tidur malam dengan minimal 6 rakaat
2
Sholat Dhuha
Setelah matahari mulai naik sekitar 45 menit
3
Sholat Rawatib
Setelah pelaksanaan sholat fardhu
4
Sholat Hajat
Kapan saja sesuai dengan kebutuhan
5
Sholat Istikharah
Kapan saja saat akan mengambil keputusan penting
6
Sholat Taubat
Kapan saja saat ingin memohon ampunan kepada Allah

Manfaat sholat sunnah

Sholat sunnah merupakan ibadah tambahan yang sangat ditekankan oleh Islam dan memiliki manfaat yang sangat besar bagi umat Muslim di Besuki Situbondo. Berikut adalah beberapa manfaat sholat sunnah bagi umat Muslim:

1. Meningkatkan Iman dan Taqwa
Dengan melaksanakan sholat sunnah, seseorang akan lebih dekat dengan Allah dan meningkatkan rasa taqwa. Hal ini akan membantu seseorang untuk menghindari perbuatan dosa dan meraih pahala yang berlimpah.

2. Menguatkan Hubungan dengan Allah
Sholat sunnah juga dapat meningkatkan hubungan seseorang dengan Allah. Dalam sholat sunnah, seseorang berbicara langsung kepada Allah dan merenungkan kebesaran-Nya. Hal ini akan membantu seseorang untuk lebih dekat dengan Allah dan memperoleh kasih sayang-Nya.

3. Mendorong Untuk Berbuat Baik
Sholat sunnah juga dapat memotivasi seseorang untuk berbuat kebaikan. Dalam melaksanakan sholat sunnah, seseorang akan merasa lebih baik dan lebih dekat dengan Allah. Hal ini akan mendorong seseorang untuk menjalankan kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain.

4. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental
Sholat sunnah juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang. Dalam sholat, seseorang melakukan gerakan yang dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik. Selain itu, sholat juga dapat membantu seseorang untuk meredakan stres dan meningkatkan ketenangan batin.

Tata Cara Sholat Jama’ dan Qashar


Tata Cara Sholat

Tata cara sholat jama’ dan qashar di Besuki Situbondo sebenarnya tidak berbeda dengan tata cara sholat di tempat lainnya. Sholat jama’ merupakan sholat yang dilakukan secara berjamaah, sedangkan sholat qashar adalah sholat yang dilakukan dengan mempersingkat jumlah rakaatnya karena kesulitan dalam melakukan sholat. Berikut ini tata cara sholat jama’ dan qashar di Besuki Situbondo.

Untuk sholat jama’ di Besuki Situbondo, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Memilih masjid atau tempat sholat yang akan dijadikan tempat untuk berjamaah.

2. Mengikuti imam dalam melaksanakan sholat dengan mengeraskan suara ketika membaca Al-Fatihah dan surat Al-Quran yang lain.

3. Setelah sholat selesai, membaca doa setelah sholat yang sudah diajarkan Rasulullah SAW.

Sedangkan untuk sholat qashar di Besuki Situbondo, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Memperhatikan jarak tempuh yang akan ditempuh. Jika jarak tempuhnya lebih dari 90 km, maka sholat tidak perlu dipersingkat.

2. Jika jarak tempuhnya kurang dari 90 km, maka sholat bisa dipersingkat dengan mengurangi jumlah rakaat pada sholat Dzuhur, Ashar, dan Isya menjadi 2 rakaat. Sedangkan pada sholat Subuh dan Maghrib, tetap 4 rakaat.

3. Setelah sholat selesai, membaca doa setelah sholat yang sudah diajarkan Rasulullah SAW.

Keutamaan Sholat Jama’ dan Qashar

Sholat Jama’ dan Qashar merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sholat jama’ memiliki keutamaan sebagai berikut:

1. Mempererat ukhuwah islamiyah karena melaksanakan sholat secara berjamaah.

2. Memberikan motivasi untuk selalu sholat di awal waktu.

3. Meningkatkan kualitas kh Concentration, memudahkan saat mau membaca Al-Quran, membangun kekhusu’an dalam berdoa, dan menenangkan hati.

4. Mendapatkan pahala lebih besar karena jumlah pahala akan dikalikan dengan banyaknya orang yang ikut serta dalam sholat jama’.

5. Menjadi tolak ukur untuk mencapai persamaan dalam melaksanakan sholat.

Sementara itu, keutamaan sholat qashar adalah sebagai berikut:

1. Meringankan beban kita dalam menjalankan ibadah sholat.

2. Dapat mempermudah dalam beraktifitas karena tidak terlalu banyak waktu yang diperlukan untuk melaksanakan sholat.

3. Dapat menjaga keselamatan dan keamanan dalam perjalanan, sehingga kita bisa lebih fokus pada perjalanan yang dihadapi.

4. Menjadi contoh bagi generasi muda untuk lebih menghargai waktu dan mempererat ukhuwah karena bisa saling mengingatkan untuk selalu melaksanakan sholat.

5. Mendapatkan pahala sesuai dengan niat dan ikhtiar dalam menjalankan ibadah sholat meskipun harus dalam kondisi yang terbatas.

Tarawih dan qiyam Ramadhan

Tarawih dan qiyam Ramadhan

Tarawih dan qiyam adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Besuki Situbondo. Pada malam hari, setelah sholat Isya, umat Muslim melakukan ibadah tarawih dan qiyam hingga bulan Ramadhan berakhir.

Pelaksanaan tarawih dan qiyam di masjid-masjid di Besuki Situbondo selalu dihadiri oleh banyak umat Muslim. Meski tahun ini pelaksanaannya dibatasi karena pandemi Covid-19, namun kegiatan tetap berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Umat Muslim melakukan sholat tarawih dan qiyam secara berjamaah di masjid dengan menjaga jarak serta menggunakan masker.

Masjid-masjid di Besuki Situbondo menyiapkan perlengkapan yang memadai untuk pelaksanaan tarawih dan qiyam, seperti sajadah, kipas angin, dan alat penerangan yang memadai. Megaphone juga disiapkan untuk melancarkan komunikasi antara imam dan jamaah yang terdiri dari berbagai usia dan latar belakang.

Keutamaan tarawih dan qiyam

Tarawih dan qiyam mempunyai banyak manfaat dan keutamaan bagi umat Muslim di Besuki Situbondo dan seluruh dunia. Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang sholat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan harapan pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Dalam ibadah tarawih dan qiyam, umat Muslim di Besuki Situbondo juga dapat memperdalam keimanannya, menambah pahalanya, serta memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan. Selain itu, ibadah ini juga dapat membentuk kebiasaan baik dalam menjalankan sholat wajib dan sunnah lainnya.

Bahkan, kegiatan tarawih dan qiyam di masjid juga dapat mempererat silaturahmi antara jamaah dan meningkatkan rasa kebersamaan dalam kegiatan ibadah. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi ladang amal bagi jamaah yang ingin mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat.

Dengan demikian, pelaksanaan tarawih dan qiyam di Besuki Situbondo bukan hanya sebagai kegiatan ibadah semata, tetapi juga sebagai upaya meningkatkan kualitas diri dan meraih pahala dari Allah SWT. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi umat Muslim di seluruh dunia. Aamiin.

Posisi sholat dalam kehidupan Muslim


Posisi sholat dalam kehidupan Muslim

Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap Muslim. Sholat mempunyai posisi yang sangat penting dalam kehidupan Muslim, termasuk di Besuki Situbondo.

Setiap hamba Allah wajib mengamalkan sholat karena merupakan kewajiban dalam Islam. Melakukan sholat juga merupakan bentuk penghormatan dan penyembahan diri kepada Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang patut disembah. Dalam uluran suasana kehidupan umat Muslim di Besuki Situbondo juga memeperlihatkan betapa pentingnya sholat bagi kehidupan seorang Muslim.

Peran sholat sebagai penghubung dengan Allah

Sholat mempunyai peran penting sebagai sarana penghubung dengan Allah, agar jalinan komunikasi antara hamba dan Allah selalu terjalin dengan baik. Sholat juga dapat memperkuat iman dan taqwa seorang Muslim, termasuk di Besuki Situbondo.

Dalam sholat, setiap Muslim berkonsentrasi dan merenungkan akan kebesaran Allah SWT serta sebagai upaya mengingatkan diri akan tanggung jawab dalam kehidupan sebagai Muslim dan sebagai manusia. Dengan rutin melakukan sholat, maka seseorang akan selalu ingat pada Allah dan mendekatkan diri pada-Nya serta meneguhkan imannya. Hal ini juga dapat menginspirasi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Di Besuki Situbondo, menjaga kualitas sholat juga sangat penting. Sebab, jadwal sholat Besuki Situbondo harus dipatuhi dan dijalankan dengan sebaik-baiknya oleh warga Muslim. Dalam kehidupan sehari-hari, warga Besuki Situbondo juga sering dihadapkan dengan berbagai macam ujian dan tantangan. Namun, dengan melakukan sholat secara benar dan khusyu, maka seseorang akan selalu merasa tenang dan damai dalam menghadapi tantangan hidup.

Hal ini juga sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al-Mu’minun ayat 1-2 yang berbunyi : “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) mereka yang khusyu’ dalam sholatnya”.

Dalam pandangan Islam, sholat juga mempunyai nilai sosial, sebab dengan melaksanakan sholat secara berjamaah maka dapat memperkuat tali silahturahmi dan kebersamaan antar-Muslim di Besuki Situbondo

Dalam kesimpulannya, sholat adalah salah satu ibadah terpenting dalam kehidupan seorang Muslim. Dalam sholat, setiap Muslim menjalin komunikasi langsung dengan Allah, memperkuat iman dan taqwa, serta mempererat tali silahturahmi. Oleh karena itu, jadwal sholat Besuki Situbondo harus dijalankan dengan rutin dan tekun agar menjadi seorang Muslim yang taat dan dekat kepada Allah SWT.