Jadwal dan Rute Bus Terminal Situbondo Terbaru | Info Lengkap dan Akurat

Jadwal Bus Terminal Situbondo


jadwal bus terminal situbondo

Terminal Situbondo adalah pusat transportasi darat yang penting di Jawa Timur. Sebagai salah satu kota perlintasan penting di Pulau Jawa, banyak orang yang mengunjungi atau hanya melewati kota ini setiap hari. Dengan begitu, tidak heran jika terminal bus di Situbondo selalu ramai dengan kendaraan dan penumpang. Artikel ini akan membahas jadwal keberangkatan dan tiba bus di Terminal Situbondo.

Jadwal Bus Antar Kota

Ada berbagai pilihan bus antar kota yang berangkat dari Terminal Situbondo, dengan jadwal rute yang berbeda-beda. Beberapa perusahaan bus terkenal yang melayani rute antar kota di Terminal Situbondo antara lain:

  • PO Gunung Mulia: melayani rute Situbondo – Surabaya, Jakarta, Malang, Sidoarjo, Bojonegoro, Cirebon, Jombang
  • PO Rosalia Indah: melayani rute Situbondo – Surabaya, Jogja, Solo, Cirebon, Depok, Cikarang, Purwokerto
  • PO Putra Remaja: melayani rute Situbondo – Selatan Jawa, Bali, Tanjung Karang, Rantepao, Makassar, Kendari
  • PO Lorena: melayani rute Situbondo – Surabaya, Bandung, Bogor, Medan, Bekasi, Semarang, Denpasar

Setiap perusahaan bus memiliki jadwal yang berbeda-beda untuk setiap rutenya. Namun, umumnya bus antar kota berangkat setiap 30 menit atau 1 jam sekali. Sedangkan jadwal keberangkatan pertama umumnya dimulai pada pukul 05.00 WIB dan yang terakhir pada pukul 21.00 WIB.

Jika Anda ingin pergi ke kota tujuan jauh, sebaiknya memesan tiket secara online atau melalui telepon terlebih dahulu agar tidak kehabisan. Selain itu, perlu diingat bahwa pada saat momen libur panjang seperti Lebaran atau Natal, jadwal bus antar kota biasanya mengalami kenaikan tarif dan kepadatan penumpang yang sangat tinggi, sehingga perlu melakukan reservasi jauh-jauh hari sebelumnya.

Jadwal Bus Antar Provinsi


Terminal Situbondo

Bagi yang ingin bepergian ke luar provinsi, Terminal Situbondo juga menyediakan bus antar provinsi dengan jadwal yang teratur. Dengan adanya layanan ini, para calon penumpang tidak perlu khawatir untuk mencari transportasi menuju kota tujuan di luar provinsi.

Jadwal Bus Ke Surabaya

Untuk perjalanan menuju Surabaya dari Terminal Situbondo, terdapat beberapa pilihan bus dengan jadwal yang teratur setiap hari.

Bus pertama yang dapat dipilih adalah bus di pagi hari, tepatnya pada pukul 06.30 WIB. Bus ini sangat cocok untuk Anda yang ingin tiba lebih awal di Surabaya. Selain itu, terdapat lagi bus pada pukul 08.00 WIB, 09.00 WIB, 10.30 WIB, 13.00 WIB, dan 15.00 WIB.

Untuk perjalanan malam, ada pilihan bus pada pukul 20.00 WIB dan 21.00 WIB. Dengan jadwal bus yang teratur dan pilihan waktu perjalanan yang beragam, para calon penumpang dapat memilih waktu yang sesuai dengan jadwal serta kebutuhan perjalanan masing-masing.

Tidak hanya itu, para penumpang juga bisa memilih pilihan bus dengan fasilitas yang berbeda-beda. Misalnya, ada bus yang dilengkapi dengan fasilitas AC dan kursi yang nyaman untuk perjalanan yang lebih menyenangkan. Selain itu, terdapat juga pilihan bus dengan harga yang lebih ekonomis dengan fasilitas yang sederhana namun tetap memberikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Bagi yang ingin memesan tiket bus, dapat langsung datang ke loket yang tersedia di Terminal Situbondo serta agen-agen buss yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu, para calon penumpang juga dapat memesan tiket secara online melalui website atau aplikasi resmi agen-agen bus yang terkait.

Jadwal Bus Ke Malang


Jadwal Bus Ke Malang

Terminal Situbondo menyediakan layanan bus dengan jadwal keberangkatan yang teratur bagi para penumpang yang ingin menuju ke kota Malang. Bus tersebut memiliki kelebihan yaitu dapat menjemput penumpang dari alamat yang telah ditentukan, sehingga membuat penumpang semakin mudah untuk melakukan pemesanan. Jadwal keberangkatan dari Terminal Situbondo ke kota Malang dimulai dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 20.00 malam setiap harinya. Harga tiket bus dari Terminal Situbondo ke kota Malang juga cukup terjangkau, sehingga membuat banyak penumpang memilih moda transportasi ini.

Jadwal Bus Ke Probolinggo

Probolinggo merupakan salah satu kota yang cukup strategis dan ramai di Jawa Timur. Untuk dapat melakukan perjalanan ke kota ini, Terminal Situbondo juga menyediakan beberapa pilihan bus dengan jadwal keberangkatan yang teratur. Penumpang dapat memilih bus dengan berbagai trayek yang tersedia mulai dari Trayek Situbondo-Arjawinangun-Probolinggo, Trayek Situbondo-Paiton-Probolinggo, hingga Trayek Situbondo-Panji-Probolinggo yang tersedia setiap hari.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke Probolinggo menggunakan bus, Anda dapat memilih jadwal keberangkatan dari Terminal Situbondo yang dimulai dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 20.00 malam setiap harinya. Harga tiket bus dari Terminal Situbondo ke kota Probolinggo juga cukup terjangkau, sehingga membuat banyak penumpang memilih moda transportasi ini.

Selain itu, fasilitas bus yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari AC yang dingin, kursi yang nyaman, hingga layanan jemput penumpang di alamat yang telah ditentukan. Hal ini sangat membantu para penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke Probolinggo dengan nyaman dan aman.

Jadwal Bus Ke Bali


Jadwal Bus Ke Bali

Jika ingin menuju Bali dari Terminal Situbondo, anda memiliki beberapa pilihan bus dengan jadwal keberangkatan yang teratur. Berikut ini adalah pilihan bus untuk menuju Bali:

1. Bus Mira

Bus Mira merupakan salah satu bus yang populer dan sering digunakan oleh wisatawan untuk perjalanan ke Bali. Bus ini memiliki jadwal keberangkatan setiap hari pukul 08.00 pagi dan akan tiba di Denpasar sekitar pukul 16.00 sore. Harga tiket bus ini sekitar Rp 250.000,- per orang.

2. Bus Shantika

Bus Shantika merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang ingin merasakan kenyamanan selama berperjalanan. Bus ini dilengkapi dengan AC, TV, dan kursi yang ergonomis. Bus ini memiliki jadwal keberangkatan setiap hari pukul 09.00 pagi dan akan tiba di Bali sekitar pukul 17.00 sore. Harga tiket bus ini sekitar Rp 350.000,- per orang.

3. Bus Harapan Jaya

Bus Harapan Jaya juga menjadi pilihan yang sering digunakan oleh wisatawan untuk perjalanan ke Bali. Bus ini memiliki jadwal keberangkatan setiap hari pukul 07.00 pagi dan akan tiba di Kota Denpasar sekitar pukul 15.00 sore. Harga tiket bus ini sekitar Rp 200.000,- per orang.

4. Bus PMTOH

Bus PMTOH juga merupakan pilihan yang cocok bagi anda yang ingin mencari alternatif bus untuk perjalanan ke Bali. Bus ini memiliki jadwal keberangkatan setiap hari pukul 10.00 pagi dan akan tiba di Kota Denpasar sekitar pukul 18.00 sore. Harga tiket bus ini sekitar Rp 150.000,- per orang.

Pastikan Anda memilih jadwal yang tepat untuk perjalanan ke Bali. Selamat berwisata.

Aturan Keberangkatan


Aturan Keberangkatan

Terminal Situbondo mempunyai aturan-aturan keberangkatan yang harus diikuti oleh para penumpang. Beberapa aturan tersebut antara lain faktor kesehatan penumpang yang wajib diperiksa, lama perjalanan bus, kecepatan bus, tiket yang harus dicetak terlebih dahulu, tarif yang harus dibayarkan sesuai dengan tujuan, dan berbagai aturan lainnya yang harus dipahami oleh penumpang sebelum naik bus. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan.

Waktu Tunggu

Setelah melakukan pembelian tiket dan pemeriksaan identitas penumpang, banyak penumpang yang biasanya menunggu dalam area Terminal Situbondo. Tidak hanya itu, penumpang bisa menjadikan waktu tunggu tersebut sebagai kesempatan untuk memperoleh berbagai informasi seputar perjalanan mereka, membereskan barang bawaan, dan istirahat sejenak sebelum naik bus.

Area tunggu di Terminal Situbondo sangatlah aman dan nyaman untuk digunakan oleh penumpang. Pengelola terminal sendiri mengharuskan agar setiap area tunggu difasilitasi dengan baik untuk kenyamanan penumpang. Selain nampak luas, area tunggu juga dibersihkan secara berkala. Tak hanya itu, tersedia juga berbagai fasilitas seperti bale-bale, toilet umum yang bersih, warung makan dan minuman, tempat parkir untuk motor dan mobil, dan masih banyak lagi.

Dalam menghadapi waktu tunggu yang mungkin memakan waktu beberapa jam, Terminal Situbondo menyediakan fasilitas publikasi umum berupa informasi jadwal keberangkatan bus atau informasi tambahan. Dengan adanya palang informasi tersebut, penumpang bisa memperoleh segala informasi yang dibutuhkan agar tetap teratur dalam perjalanannya.

Pihak petugas Terminal Situbondo pun selalu siap sedia menginformasikan perihal waktu keberangkatan dan informasi yang diperlukan oleh penumpang. Segera informasikan kepada mereka jika ada keperluan yang perlu diinformasikan atau bantuan yang dibutuhkan sehingga bisa menghadapi waktu tunggu dengan lebih nyaman.

Terakhir, para penumpang yang menunggu di Terminal Situbondo disarankan untuk tetap waspada selama menunggu dan menjaga barang bawaan mereka dengan baik. Meskipun Terminal Situbondo telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung keamanan penumpang, namun risiko tertentu masih bisa saja terjadi. Oleh karena itu, selalu berhati-hati selama menunggu dan menjaga barang bawaan dengan baik.

Fasilitas Terminal


Fasilitas Terminal Situbondo

Terminal Situbondo merupakan salah satu terminal bus yang terletak di jalan raya Nasional, tepatnya di Dusun Krajan, Desa Krajan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Terminal ini memiliki fasilitas publik yang memadai untuk menunjang kenyamanan penumpang yang datang dan pergi.

Restoran

Di Terminal Situbondo tersedia berbagai pilihan restoran yang menyediakan makanan dan minuman bagi para penumpang. Restoran-restoran tersebut memiliki menu yang bervariasi dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Para penumpang dapat memilih untuk makan di dalam restoran atau take away dan mengonsumsinya di dalam bus.

Toilet

Fasilitas toilet di Terminal Situbondo sangat bersih dan terawat dengan baik. Terdapat beberapa toilet yang terletak di berbagai sudut terminal, baik yang gratis maupun yang berbayar. Selain itu, tersedia juga wastafel yang lengkap dengan sabun dan air bersih.

Parkir Sepeda dan Motor

Bagi penumpang yang datang ke terminal dengan sepeda atau motor pribadi, Terminal Situbondo menyediakan tempat parkir khusus. Selain itu, para penumpang juga dapat menggunakan jasa parkir yang disediakan oleh pihak terminal dengan harga yang terjangkau.

Mini Market

Selain restoran, Terdapat juga mini market yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari seperti minuman, makanan kecil, mie instan, rokok, dan lain sebagainya. Para penumpang dapat membeli barang-barang tersebut ketika menunggu keberangkatan bus.

Layanan Informasi

Untuk memudahkan para penumpang, Terminal Situbondo menyediakan layanan informasi. Para petugas terminal dapat memberikan informasi mengenai jadwal bus, rute bus, dan tarif bus. Selain itu, terdapat juga layanan informasi yang dapat diakses melalui layar monitor yang terletak di beberapa sudut terminal.

Area Parkir Bus

Terminal Situbondo memiliki area parkir bus yang luas dan mampu menampung banyak jumlah bus. Area parkir ini sangat teratur dan bersih. Bagi para sopir bus, terdapat juga area istirahat yang dilengkapi dengan tempat duduk dan akses internet gratis.

Tips Perjalanan


Tips Perjalanan

Perjalanan dengan bus dari Terminal Situbondo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk liburan atau urusan bisnis. Namun, agar perjalanan lebih aman dan nyaman, beberapa tips perlu diperhatikan.

Pack Menyeluruh

Pastikan untuk membawa perlengkapan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan selama perjalanan dengan bus. Siapkan tas atau koper dengan ukuran yang tepat dan cukup ringan untuk dibawa. Jangan lupa membawa pakaian yang nyaman, handuk, perlengkapan mandi, botol minum, dan makanan ringan untuk perjalanan yang lebih nyaman.

Periksa Jadwal dan Rute

Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa jadwal dan rute bus yang akan digunakan. Cari tahu jam keberangkatan dan kedatangan, serta berapa kali bus berhenti di terminal atau rest area. Dengan mengetahui jadwal dan rute, kamu bisa lebih siap dan tidak terburu-buru saat perjalanan.

Booking Tiket Dahulu

Agar perjalanan lebih aman dan terjamin kursinya, kamu bisa memesan tiket terlebih dahulu melalui aplikasi online atau datang langsung ke agen bus. Dengan memesan tiket terlebih dahulu, kamu juga bisa memilih tempat duduk yang nyaman sesuai dengan kebutuhan selama perjalanan.

Periksa Kondisi Bus

Sebelum naik bus, pastikan untuk memeriksa kondisi bus terlebih dahulu. Periksa kebersihan, kenyamanan, dan juga perlengkapan keamanan seperti sabuk pengaman dan alat pemadam kebakaran. Jika ada masalah atau kekhawatiran dengan kondisi bus, segera laporkan ke pihak pengelola atau sopir yang bertanggung jawab.

Jangan Membawa Barang Berharga Terlalu Banyak

Selama perjalanan, sebaiknya kamu tidak membawa barang berharga seperti perhiasan, laptop, atau smartphone terlalu banyak. Simpan barang berharga di tempat yang aman seperti di tas atau koper yang terkunci dengan baik. Jangan memperlihatkan barang berharga saat di dalam bus agar tidak membuka kesempatan bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Siapkan Uang Tunai dan Tanda Pengenal

Siapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup dan tanda pengenal seperti KTP atau SIM saat melakukan perjalanan dengan bus. Uang tunai bisa digunakan untuk membayar tiket atau membeli makanan dan minuman di sepanjang perjalanan. Tanda pengenal penting untuk memastikan bahwa kamu adalah penumpang yang sah.

Santai dan Nikmati Perjalanan

Terakhir, jangan lupa untuk santai dan nikmati perjalanan dengan bus. Lihat pemandangan sekitar, coba makanan dan minuman yang khas di setiap daerah, dan manfaatkan waktu untuk istirahat atau tidur. Dengan bersantai, perjalanan bisa lebih menyenangkan dan membawa pengalaman yang berharga.